Berita Terbaru :
Pihak Desa Sudah Sarankan Untuk Pindah Lokasi Usaha
Forkompimda dan Warga Suku Tengger Bentangkan Bendera Raksasa di Bukit P30
Bupati Probolingo Mutasi 26 Pejabat Eselon 2 dan 3
Stok Tipis, Harga Bunga Impor Melambung Tinggi
   

Kendaraan Jarang Digunakan, Hati-Hati Potensi Kondensasi di Mesin
Otomotif  Minggu, 28-06-2020 | 04:07 wib
Reporter :
Jakarta pojokpitu.com, Pemberlakuan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), membuat masyarakat lebih banyak waktu di rumah, sehingga kendaraan pun jadi jarang dipakai.

Kendati demikian, kendaraan ternyata tetap harus diperhatikan dan mendapatkan perawatan meskipun jarang digunakan. Bagian yang harus diperhatikan seperti tegangan aki, kondisi tekanan angin ban, dan kondisi pelumas.

Terkait poin terakhir, ternyata meski kendaraan tidak dioperasikan normal atau cenderung statis, kondisi pelumas juga bisa mengalami penurunan kualitas.

"Jika merujuk ke buku manual kendaraan, pasti tertulis periode penggantian oli dalam jarak tempuh kilometer atau satuan waktu, dan tertulis mana yang tercapai lebih dahulu," jelas Manager Technical Support TRKM Group distributor pelumas Deltalube, Yese Simanjuntak dalam keterangan resmi, di Jakarta.

Dengan melihat batasan jarak atau waktu, itu jadi patokan awal, kenapa oli tetap harus diganti meskipun kendaraan tidak dipakai.

Hal tersebut, merujuk pada potensi terjadinya kondensasi di mesin, yang bisa menurunkan kualitas pelumas. "Kondensasi adalah munculnya uap air akibat perbedaan suhu udara siang dan malam. Jika uap air itu ikut larut dalam pelumas, nilai kekentalan atau viskositas akan turun," terang Yese.

Ia menambahkan, jika viskositas sudah berubah, otomatis kemampuannya dalam melumasi komponen jadi tidak maksimal. Baca Juga: Perhatian Bagi Pemilik Mitsubishi Xpander, Segera ke Bengkel!

"Itu lah sebabnya kita tetap harus melakukan penggantian oli secara berkala meski kendaraan tidak dipakai," tambahnya.

Selain itu, di masa pandemi Covid-19 TRKM Group juga ambil bagian dalam gerakan membantu sesama untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Caranya yaitu dengan membagikan masker gratis ke bengkel dan toko. Hal ini merupakan bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) TRKM Group.

"Jumlah masker yang kami berikan ke bengkel dan toko langganan Deltalube sebanyak 42.000 buah. Masker ini kami distribusikan merata ke 12 cabang Deltalube di seluruh Indonesia," tambah Natalyus Purnomoadi, Vice Director of Marketing TRKM Group.

Pembagian masker berlangsung dalam dua periode. Pertama berlangsung pada 1-20 Juni 2020 sebanyak 12.000 buah masker, periode kedua pada 21 Juni-31 Juli 2020 akan diberikan sisanya. Pada periode kedua ini, masker akan diberikan gratis untuk setiap pembelian oli Deltalube oleh bengkel atau toko. (mg8/jpnn/yos)

Berita Terkait

Kendaraan Jarang Digunakan, Hati-Hati Potensi Kondensasi di Mesin
Berita Terpopuler
Stok Tipis, Harga Bunga Impor Melambung Tinggi
Malang Raya  4 jam

Bupati Probolingo Mutasi 26 Pejabat Eselon 2 dan 3
Politik  3 jam

Forkompimda dan Warga Suku Tengger Bentangkan Bendera Raksasa di Bukit P30
Mlaku - Mlaku  2 jam

Pihak Desa Sudah Sarankan Untuk Pindah Lokasi Usaha
Peristiwa  36 menit



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Awal September Subsidi Gaji Dari Pemerintah Cair 1,2 Juta
Jatim Awan

Lupa Mematikan Kompor, 1 Rumah di Bojonegoro Terbakar
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber