Berita Terbaru :
Forkompimda dan Warga Suku Tengger Bentangkan Bendera Raksasa di Bukit P30
Bupati Probolingo Mutasi 26 Pejabat Eselon 2 dan 3
Stok Tipis, Harga Bunga Impor Melambung Tinggi
   

Gali Irigasi Sawah, Warga Pasuruan Temukan Tumpukan Batu Bata Kuno
Tempo Doeloe  Kamis, 02-07-2020 | 17:30 wib
Reporter : Abdul Majid
Warga Desa Dhompo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, menemukan batu bata kuno berukuran 30 x 20 sentimeter dengan tinggi 6 sentimeter, saat menggali saluran irigasi persawahan. Foto: Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com, Batu-bata kuno berukuran besar yang diduga peninggalan jaman majapahit, ditemukan warga Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, saat menggali saluran irigasi persawahan.

Tumpukan batu bata kuno ini ditemukan sepanjang 200 meter, tepat dibawah saluran irigasi persawahan pada kamis siang. Mereka berharap kepada pemerintah daerah kabupaten pasuruan serrta pihak BPCB Jawa Timur, untuk dapat menindaklanjuti temuan tersebut, untuk mengetahui apakah tumpukan batu bata kuno yang ditemukan warga merupakan situs peninggalan jaman majapahit.

Batu-bata kuno ini, diduga merupakan peninggalan jaman majapahit, karena memiliki ciri-ciri yang mirip dengan temuan batu bata kuno di Kabupaten Mojokerto, yakni berukuran 30 x 20 sentimeter dengan tinggi 6 sentimeter, serta bermotif dua atau tiga lingkaran, jika dua batubata digabungkan.

Menurut perangkat desa setempat yang menemani warganya, Heri Kurniawan, tumpukan batu bata kuno sepanjang 200 meter yang diduga berupa pondasi tersebut, tidak dapat dilihat secara langsung dari permukaan karena berada di bawah saluran irigasi sawah.

"Selain itu tidak jauh dari lokasi tumpukan batu bata, terdapat sumur tua dan makam tua yang berada di lahan jagung milik warga," ujarnya.


Sementara Kepala Desa Dhompo, Mohamad Salim, dengan adanya temuan batu bata kuno ini, berharap dapat ditindak lanjuti oleh pihak dinas pariwisata kabupaten pasuruan serta dari pihak BPCB Jawa Timur, untuk mengetahui apakah benar tumpukan batubata kuno di Desa Dhompo, merupakan situs peninggalan jaman Majapahit. (yos)





Berita Terkait

Gali Irigasi Sawah, Warga Pasuruan Temukan Tumpukan Batu Bata Kuno
Berita Terpopuler
Stok Tipis, Harga Bunga Impor Melambung Tinggi
Malang Raya  3 jam

Bupati Probolingo Mutasi 26 Pejabat Eselon 2 dan 3
Politik  1 jam

Forkompimda dan Warga Suku Tengger Bentangkan Bendera Raksasa di Bukit P30
Mlaku - Mlaku  37 menit



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Awal September Subsidi Gaji Dari Pemerintah Cair 1,2 Juta
Jatim Awan

Lupa Mematikan Kompor, 1 Rumah di Bojonegoro Terbakar
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber