Berita Terbaru :
Forkompimda dan Warga Suku Tengger Bentangkan Bendera Raksasa di Bukit P30
Bupati Probolingo Mutasi 26 Pejabat Eselon 2 dan 3
Stok Tipis, Harga Bunga Impor Melambung Tinggi
   

Tim BPCB Trowulan Identifikasi Temuan Cagar Budaya 2 Arca Kala
Tempo Doeloe  Jum'at, 03-07-2020 | 17:15 wib
Reporter : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto, mendatangi lokasi penemuan 2 arca kala di Tulungagung, untuk melakukan pengukuran dan identifikasi terhadap temuan di duga benda cagar budaya.

Dari hasil identifikasi awal, kedua benda tersebut merupakan bagian dari sebuah candi. Bahkan direkomendasikan agar disimpan di museum setempat, karena termasuk benda yang dilindungi oleh undang-undang cagar budaya.

Temuan 2 benda yang diduga merupakan cagar budaya di Desa Sidorejo, Kecamatan Kauman, Tulungagung, mendapat perhatian dari tim BPCB Trowulan.

Tim tersebut meninjau langsung keberadaan dua arca kala , yang berada di pekarangan belakang rumah milik Sumarni dan Supardi. Kedatangan tim ini untuk memastikan kedua kala ini, merupakan benda cagar budaya yang dilindungi oleh undang-undang.

Tim melakukan pengukuran dan identifikasi terhasap kedua objek ini. Meskipun tidak dalam kondisi utuh, namun keduanya masih bisa diidentifikasi secara jelas. Kedua benda ini merupakan kala yang biasanya menjadi bagian dari sebuah candi.

Mohammad Ichwan, Arkeolog BPCB Trowulan, menjelaskan, dari jenis batu yang digunakan, keduanya diduga masih saling berkaitan, hal ini diperkuat dengan temuan serupa beberapa tahun lalu, yang kini disimpan di Museum Tulungagung. "Total terdapat 4 kala yang semua ditemukan dari wilayah Kecamatan Kauman," ucapnya.

Pihak BPCB sendiri juga memberikan rekomendasi kepada pemerintah setempat, untuk melakukan eskavasi atau pemindahan ke lokasi yang lebih aman atau ke museum daerah.

Hal ini perlu dilakukan untuk melindungi kelestarian benda cagar budaya ini. Sementara waktu, kedua benda ini dititipkan ke pemilik lahan untuk penjagaan keamanannya.

Sebelumnya 2 buah arca kala ditemukan di pekarangan belakang rumah warga. Kala tersebut diduga berkaitan dengan keberadaan candi kalangbrat yang di bangun pada masa Kerajaan Singosari. Candi ini tertulis dalam Prasasti Mula Malurung dan Kitab Negarakertagama. (yos)

Berita Terkait

Tim BPCB Trowulan Identifikasi Temuan Cagar Budaya 2 Arca Kala

Mimpi Bertemu Kakek, Seorang Warga Temukan Arca di Pekarangan Rumah

Tiga Peninggalan Sejarah Ditemukan Penambang Tanah Liat di Wagir
Berita Terpopuler
Stok Tipis, Harga Bunga Impor Melambung Tinggi
Malang Raya  2 jam

Bupati Probolingo Mutasi 26 Pejabat Eselon 2 dan 3
Politik  1 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Awal September Subsidi Gaji Dari Pemerintah Cair 1,2 Juta
Jatim Awan

Lupa Mematikan Kompor, 1 Rumah di Bojonegoro Terbakar
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber