Berita Terbaru :
Masuk Musim Panen, Kualitas Cabai Menurun
Wisata Hutan Akan Kembali Dibuka, Tetap Penerapan Protokol Kesehatan
Meski Gagal Maju, Relawan Tetap Loyal Dengan Kang Yudi
Klaster Ponpes Meningkat, Gubernur Jatim Minta Perketat Protokol Kesehatan
Harga Jual Ketela Anjlok, Petani Olah Jadi Gaplek
Pengembangan Telaga Wahyu Terkendala Lahan
Kampaye Terbuka Akan Bisa Menimbulkan Klaster Baru
Festival Layang-Layang Jadi Hiburan di Masa Pandemi Covid-19
Kekurangan Air, Hasil Panen Kacang Tanah Menurun
Rekomendasikan Kebijakan Transportasi, Balitbanghub Gandeng Empat PTN
Terjaring Razia Prokes, Pengunjung Warung Marah-Marah
   

Sejumlah 14 Destinasi Wisata di Trenggalek Kembali Dibuka Pada Era New Normal
Mlaku - Mlaku  Sabtu, 11-07-2020 | 09:05 wib
Reporter : Simon Bagus, Mochammad Herlambang
Sejumlah 14 destinasi wisata di kabupaten trenggalek kini telah dibuka kembali. Foto: Simon Bagus
Trenggalek pojokpitu.com, Sebanyak 14 destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek, kini telah dibuka kembali pada era new normal pada Jumat, 10 Juli 2020. Namun tempat wisata itu sementara hanya diperbolehkan untuk dikunjungi warga lokal saja. Hal tersebut guna meminimalisir penyebaran virus covid-19.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, saat membuka tempat wisata putri maron di kecamatan bendungan menjelaskan , bagi wisatawan luar daerah, pemkab nantinya akan  membuat sebuah platform online yang bekerjasama dengan bank plat merah. "Sehingga untuk pembayaran dan yang lainnya bisa dilakukan secara virtual. Selain itu, wisatawan dari luar daerah akan terlebih dulu didata," jelas Bupati.

Bila sudah jadi, nantinya platform tersebut bisa dimanfaatkan para wisatawan luar daerah. Kemudian pemerintah setempat akan mengarahkan wisatawan ke checkpoint untuk

diobservasi selanjutnya. Jika dinyatakan aman, maka wisatawan bisa melanjutkan perjalanannya ke destinasi wisata tujuan.
14 destinasi wisata yang dibuka ada di beberapa kecamatan, 4 di antaranya merupakan tempat wisata yang dikelola pemerintah. Sedangkan sisanya dikelola masyarakat.

Seperti putri maron, hutan kota, tebing lingga, eduwisata durensari, banyu lumut, bukit tunggangan, kampung toga lestari, dan goa ngerit. Tak ketinggalan wisata pantai

seperti pantai mutiara, pantai cengkrong, pantai prigi, pantai karanggongso, pantai simbaronce, dan pantai pelang juga telah dibuka.
Tetapi, tempat wisata itu bisa saja kembali ditutup apabila pengelola tak menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Sebab di tempat-tempat wisata itu juga  akan dipantau dinas kesehatan untuk dievaluasi.

Tapi untuk saat ini, 14 destinasi wisata yang dibuka telah memenuhi protokol kesehatan dalam proses verifikasi yang dilakukan oleh tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Trenggalek.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto, mengatakan, tim gugus tugas telah memverifikasi 23 tempat wisata yang mengajukan pembukaan.

Namun, 9 di antaranya tak memenuhi standar. sehingga hanya 14 tempat yang telah kembali dibuka. Menurut Sunyoto, ada tiga hal utama yang menjadi pertimbangan dalam pembukaan tempat wisata itu.

Pertama, aspek peralatan. Tempat wisata yang buka harus memiliki alat-alat yang berhubungan dengan protokol covid-19. Contohnya, tempat cuci tangan dan alat pengukur  tubuh. "Kedua, aspek sumber daya manusia. pembagian tugas untuk pengelola juga harus memenuhi standar protokol covid-19," jelas Sunyoto.

Terakhir, soal konsep penerapan physical distancing di lokasi wisata. tempat wisata harus memungkinkan para wisatawan untuk menjaga jarak. Serta membatasi jumlah pengunjung maksimal 50 persen kapasitas.

Setelah 14 tempat wisata dibuka, pihaknya akan menerjunkan tim untuk memantau dan mendampingi kegiatan rekreasi. Hal ini untuk memastikan kegiatan pariwisata tak melanggar aturan. (yos)

Berita Terkait

Wisata Hutan Akan Kembali Dibuka, Tetap Penerapan Protokol Kesehatan

Sepekan Dibuka Pengunjung Bromo Membludak, Kuota Jumlah Pengunjung Akan Ditambah

Hore, Kampung Warna Warni Jodipan Kembali Dibuka

Lama Ditutup, Pemandian Alam Tumbuh Banyak Lumut
Berita Terpopuler
Terjaring Razia Prokes, Pengunjung Warung Marah-Marah
Peristiwa  11 jam

Rekomendasikan Kebijakan Transportasi, Balitbanghub Gandeng Empat PTN
Pendidikan  10 jam

Kekurangan Air, Hasil Panen Kacang Tanah Menurun
Ekonomi Dan Bisnis  9 jam

Festival Layang-Layang Jadi Hiburan di Masa Pandemi Covid-19
Rehat  8 jam



Cuplikan Berita
Diduga Jaringan Internasional, Polisi Tembak Mati Gembong Narkoba
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Gudang Mebel dan Dua Rumah Hangus Terbakar
Pojok Pitu

Ratusan Driver Online Unjuk Rasa dan Sweping Rekan
Jatim Awan

KPU Surabaya Segera Publikasikan DPS Pada Warga
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber