Berita Terbaru :
Operasi Zebra, Pengendara Tertib Dapat Paket Penguat Imun
Permintaan Rapid Test Jelang Libur Panjang Meningkat
Hina Polisi Tentang Operasi Yustisi, Tukang Batu ditangkap polisi
Cegah Putus Kuliah, Kampus Bebaskan UKT Mahasiswa
Tolak Omnibus Law, Ribuan Buruh Unras di Kantor Gubernur
Tidak Mampu Menguasai Laju Kendaraan, Guru SMP Dharma Wanita Tabrak Motor
Walikota Surabaya Imbau Warganya Tidak Bepergian Keluar Kota
Polisi Selidiki Dugaan Korupsi Kas Desa
Warga Marah Rusak Rumah Pelaku Terduga Pencabulan Anak Di Bawah Umur
Double Track Jalur Kereta Api Mojokerto - Jombang Mulai Operasikan
Pengedar Tembakao Gorila Dituntut 17 Tahun Penjara
Lagi, Warga Ponorogo Demo Tolak Tower
Dikabarkan Hilang, Bocah 10 Tahun Ditemukan Tenggelam di Waduk Dawuhan
Machfud Arifin Jalan Kaki Keliling Kampung Surabaya, Warga Sambut Antusias Nyanyi Coblos Nomer 2
Dua Pelaku Curwan Dibekuk Reskrim Polsek Poncokusumo
   

Forum Umat Lintas Agama Demo Pengadilan Negeri Tuban
Pantura  Rabu, 29-07-2020 | 14:03 wib
Reporter : Khusni Mubarok
Puluhan umat anggota Klenteng Kwan Sing Bio yang tergabung dalam Forum Lintas Agama, menggelar aksi demo di depan Kantor Pengadilan Negeri Tuban, Rabu (29/7) siang. Massa memprotes kebijakan Majelis Hakim PN Tuban, terkait putusan sela dalam gugatan perdata proses pemilihan dan pelantikan pengurus Titd Kwan Sing Bio periode 2019-2022. Foto Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Polemik kepengurusan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, terus bergulir. Bahkan, tempat ibadah umat Tri Dharma di jalan RE Martadinata ini, digembok oleh salah satu kubu pengurus. Saat ini, tak ada aktifitas ibadah di klenteng terbesar di Asia Tenggara itu.

Maka Rabu (29/7) siang, puluhan umat anggota Klenteng Kwan Sing Bio yang tergabung dalam Forum Lintas Agama, menggelar aksi demo di depan Kantor Pengadilan Negeri Tuban. Massa memprotes kebijakan majelis hakim PN Tuban terkait putusan sela dalam gugatan perdata proses pemilihan dan pelantikan pengurus Titd Kwan Sing Bio periode 2019-2022.

Majelis hakim memerintahkan para tergugat untuk tidak melakukan tindakan pelantikan atau pengambilan sumpah dan janji, terhadap susunan pengurus dan penilik Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, periode 2019-2022, sampai gugatan dalam perkara ini berkekuatan hukum tetap.

Menurut kuasa hukum pengurus Klenteng Kwan Siong Bio Terpilih Tio Eng Bo, Anam Warsito, putusan sela itu menimbulkan kegaduhan dan merusak suasana beribadah umat yang sebelumnya berjalan tenang dan damai. 

Pasalnya, putus sela dibuat pada tahun 2020. Sedangkan proses pelantikan pengurus telah dilakukan pada tanggal 13 Oktober 2019 silam. "Sehingga permintaan penggugat atas tidak dilakukan pelantikan itu sudah telat karena pelantikan dilakukan di tahun 2019," kata Anam Warsito.

Aksi ini, juga mendapatkan perlawanan dari kubu pengurus domisioner Klenteng Kwan Sing Bio. Serta mendapat pengawalan ketat dari petugas kepolisian, sehingga tidak sampai terjadi gesekan.

Sementara itu, Heri Tri Widodo, Kuasa Hukum Bambang Djoko Santoso selalu penggugat mengatakan, para pendemo dinilai merasa tidak puas dengan adanya putusan sela. Padahal putusan sela telah dijatuhkan sejak dua bulan lalu. "Demo ini sengaja dilakukan untuk mempengaruhi independensi hakim yang menangani kasus polemik kepengurusan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban," kata Heri Tri Widodo.

Setelah berorasi kurang lebih setengah jam, perwakilan Umat Anggota Klenteng Kwan Sing Bio yang tergabung dalam Forum Lintas Agama ditemui oleh Humas Pengadilan Negeri Tuban, Donovan Akbar Kusumo. Dihadapan perwakilan pendemo, Donovan Akbar Kusumo menyampaikan, akan melaporkan aspiras para pendemo kepada unsur pimpinan untuk menjadi bahan pertimbangan.
 
Sebatas diketahui, Bambang Djoko Santoso salah satu umat kleteng Kwan Sing Bio, mengajukan permohonan gugatan perdata ke PN Tuban. Terkait proses pemilihan pengurus dan penilik baru, yang dinilai melanggar aturan dan inkonstitusional. Dalam pemilihan tersebut, Tio Eng Bo ditunjuk sebagai Ketua Umum Titd Kwan Sing Bio Tuban periode 2019-2022. Kemudian Tan Ming Ang dipercaya umat sebagai ketua penilik klenteng. (pul)

 



Berita Terkait

Kericuhan Warnai Rencana Pembukaan Gembok Titd Kwan Sing Bio Tuban

Forum Umat Lintas Agama Demo Pengadilan Negeri Tuban
Berita Terpopuler
Machfud Arifin Jalan Kaki Keliling Kampung Surabaya, Warga Sambut Antusias Nyany...selanjutnya
Politik  6 jam

Memutus Mata Rantai Covid-19 di Pasar Tradisional
Peristiwa  13 jam

Dua Pelaku Curwan Dibekuk Reskrim Polsek Poncokusumo
Peristiwa  6 jam

Klaim Hasil Survei Unggul, Hingga Tuding Galau, Tim MAJU : Justru Kami Jauh di A...selanjutnya
Pilkada  12 jam



Cuplikan Berita
Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk, Dua Rumah Petak Ludes Terbakar
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Kafe di Area Alon-Alon Kota Terbakar
Pojok Pitu

Terjatuh Dari Motor Curiannya, Pelaku Babak Belur Dimassa
Jatim Awan

Banjir Lahar Ganggu Aktivitas Warga dan Penambang
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber