Berita Terbaru :
Cegah Corona, Puluhan Napi di Lapas Tuban Dibebaskan
Keterlaluan, Bisnis Ganja di Tengah Wabah Corona
   

Festival Miniatur Kapal Digelar di Trenggalek
Mataraman  Senin, 23-02-2015 | 14:56 wib
Reporter : Karyanto, Aby Kurniawan
Trenggalek pojokpitu.com, Bagi penggemar kapal laut, ada informasi menarik untuk anda. Sebuah festival miniatur kapal digelar di Trenggalek, Jawa Timur hari ini, Senin (23/02). Puluhan replika kapal laut dari berbagai jenis dipamerkan dalam Prigi Fest 2015. Kapal-kapal mini ini dibuat semirip mungkin dengan kapal aslinya, termasuk beberapa ornamen kapal yang berukuran kecil. Yang menarik seluruh miniatur tersebut merupakan karya warga lokal yang dibuat secara manual atau hand made.

Inilah beberapa miniatur kapal yang dipamerkan dalam Prigi Fest 2015 di pelabuhan perikanan nusantara Prigi, kabupaten Trenggalek Jawa Timur. 

Miniatur kapal ini terdiri dari bergai jenis dan model, diantaranya adalah kapal Pinisi, kapal tangkap ikan khas Trenggalek, erta beberapa jenis kapal perang.

Meski berukuran kecil, replika kapal laut ini dibuat semirip mungkin dengan kapal aslinya termasuk kelengkapan kapal, seperti kursi, baling-baling kapal hingga perahu dadurat.

Miniatur kapal Pinisi ini misalnya, meski terbuat dari bilah-bilah bambu namun dibuat cukup mendetail, sehingga mengundang decak kagum pengunjung. 

Salah satu panitia, Anjar Priadi Putra mengatakan, meski baru pertama kali digelar, kegiatan ini mendapat antusiasme peserta  jumlah kapal yang ikut dipamerkan mencapai 80 unit.

Seluruh miniatur kapal ini merupakan karya dari warga lokal Trenggalek yang dibuat secara manual atau hand made. Pihaknya berharap fetival ini dapat membangkitkan sektor industri kreatif di wilayah Trenggalek, utamanya di kawasan kampung nelayan Prigi.

Sementara itu, salah satu peserta, Khoirul Anwar mengaku cukup senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, karena bisa memperkenakan potensi pemuda lokal yang selama ini belum  tersentuh.

Dalam festival miniatur kapal, ia memamerkan replika kapal Pinisi. Untuk membuat miniatur tersebut ia dan timnya membutuhkan waktu sekitar tiga hari, dimana seluruh bagian kapal dirangkai secara manual dan penuh ketelitian.

Festival yang digelar di kawasan pelabuhan ini pun mendapat sambutan meriah dari warga sekitar, ratusan pengunjung tampak kagum dengan karya-karya pemuda kampung nelayan. Mereka berharap kegiatan serupa dapat digelar secara rutin.(fer) 

Berita Terkait

Pemkot Surabaya Kembali Tolak Kedatangan Kapal Pesiar

Pelarangan Bersandarnya Kapal Pesiar Viking Sun, Juga Berlaku Untuk Kapal Pesiar Lainnya

Soal Penolakan Kapal Viking Sun, Dewan Sesalkan Ketidakhadiran Dinas Pariwisata Surabaya

Kapal Pesiar Viking Sun Batal Sandar di Surabaya
Berita Terpopuler
Keterlaluan, Bisnis Ganja di Tengah Wabah Corona
Hukum  35 menit

Cegah Corona, Puluhan Napi di Lapas Tuban Dibebaskan
Hukum  24 menit



Cuplikan Berita
Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Ditutup 2 Minggu
Pojok Pitu

Berburu Manisnya Buah Srikaya Puthuk Tuban
Pojok Pitu

Relawan Serahkan APD di RSUD Kanjuruhan Kepanjen
Jatim Awan

Kabupaten Nganjuk Menjadi Salah Satu Daerah Zona Merah di Jatim
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber