Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kirab pusaka peninggalan Prabu Jayabaya dari Kerajaan Kediri dilakukan setiap tanggal 1 Muharram.
Peringatan 1 Suro, Kirab Pusaka Kerajaan Tombak Kiai Bimo
Rabu, 14-10-2015 | 17:15 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Peringatan datangnya Tahun Baru 1437 Hijriah atau dalam kalender jawa disebut Suroan , dilakukan oleh ribuan warga Kabupaten Kediri dengan menggelar upacara ziarah ke tempat Pamoksan Raja Kerajaan Kediri Sri Aji Jayabaya . Upacara diawali dengan menggelar Kirab Pusaka Tombak Kiai Bimo yang merupakan peninggalan sang raja kemudian diakhiri dengan ritual tabur bunga oleh 16 bocah perempuan .

Kirab Pusaka Tombak Kiai Bimo ini dimulai dari Balai Desa Menang , Kecamatan Pagu , Kabupaten Kediri menuju ke komplek Pamoksan Sri Aji Jayabaya , yang merupakan raja dari Kerajaan Kediri . Kirab pusaka ini diikuti oleh ribuan warga dan ritual ini rutin dilakukan setiap tanggal 1 Muharram atau dalam kalender jawa disebut Suroan .

Peserta di bagian depan membawa payung sebagai petunjuk , dan di belakangnya masyarakat yang mengenakan pakaian adat Jawa . Sesampainya di Pamoksan , ritual dilanjutkan dengan doa meminta keselamatan . Setelah itu, dilanjutkan menuju Sendang Tirtokamandau, yang dipercaya sebagai tempat bersucinya sang raja sebelum moksa .

Menurut salah seorang pengunjung, sengaja datang dari Kabupaten Malang untuk melihat langsung upacara Suroan di Kediri.  Tujuannya  adalah untuk mengetahui sejarah tentang Prabu Jayabaya . Acara ini menurutnya sangat bagus , karena dapat melestarikan kebudayaan Jawa yang semakin lama semakin ditinggalkan .

Menurut Suratin, panitia , upacara ziarah 1 Suro atau 1 Muharram diadakan dengan tujuan menghormati Sri Aji Jayabaya yang merupakan raja dari Kerajaan Kediri.  Jayabaya dikenal sebagai seorang raja yang memiliki sifat arif dan bijaksana .  Sang raja juga dikenal dengan ramalannya yang dinamakan Jangka Jayabaya pada abad ke 11. (end/**)


Berita Terkait


Kesakralan Bulan Suro, Puluhan Warga Ikut Ruwat Sukerta

Peringati 1 Muharam, Warga Ponorogo Berebut Tumpeng Sedekah Bumi

Sambut Bulan Suro, Warga Berebut Dawet Tolak Balak

Muharrom, Berkah Bagi Penjamas Keris


Tradisi Jamas Merawat Pusaka pada 1 Suro

Peringatan 1 Suro, Kirab Pusaka Kerajaan Tombak Kiai Bimo

Menyambut 1 Suro Gelar Ritual Mandi Malam

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber