Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

R.B Deni Fahrurrazi Suryoningprang, salah satu kolektor benda pusaka, warga Desa Pamolokan, Kecamatan Kota Sumenep.
Tradisi Jamas Merawat Pusaka pada 1 Suro
Rabu, 14-10-2015 | 17:34 wib
Oleh : Syaiful Anwar
Sumenep pojokpitu.com, Beragam tradisi dilakukan oleh sejumlah masyarakat pada 1 Suro, atau bertepatan pada Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram, di Kabupaten Sumenep, terdapat kebiasaan yang dilakukan turun temurun oleh sejumlah masyarakat, yakni tradisi jamas merawat benda pusaka, seperti keris, dan golok. 1 Suro diyakini sebagai hari yang sangat baik untuk merawat benda pusaka.

Tradisi jamas atau merawat benda pusaka dilakukan oleh sejumlah masyarakat di Kabupaten Sumenep setiap memasuki 1 Suro, atau bertepatan pada Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram. Seperti yang dilakukan oleh R.B Deni Fahrurrazi Suryoningprang, salah satu kolektor benda pusaka, warga Desa Pamolokan, Kecamatan Kota Sumenep.
 
Merawat benda pusaka dilakukan dengan cara cukup sederhana, yaitu pada awal dengan memandikan pusaka  menggunakan kembang tujuh rupa, kemudian pusaka diasapi menggunakan kemenyan.  Terakhir, benda pusaka tersebut di bersihkan dengan diolesi minyak kelapa hijau, yang telah dicampur dengan bibit wewangian cendana dan melati.
 
Tradisi jamas ini  sengaja dilakukan oleh kolektor asal Ujung Timur Pulau Madura ini dan  merupakan tradisi turun temurun dalam memelihara dan menjaga benda pusaka koleksinya. Tidak hanya itu, 1 Muharram adalah hari yang diyakini sebagai hari yang sangat istimewa bagi para kolektor untuk melakukan perawatan terhadap benda koleksi pusaka miliknya.
 
Tradisi ruwatan dan perawatan benda pusaka, saat ini seperti seakan mulai ditinggalkan kalangan para kolektor pusaka, padahal pusaka seperti keris dan golok merupakan warisan leluhur yang memiliki nilai magis yang diyakini memiliki hubungan erat dengan masyarakat lokal Madura, khususnya di Sumenep. (end/**)



Berita Terkait


Kesakralan Bulan Suro, Puluhan Warga Ikut Ruwat Sukerta

Peringati 1 Muharam, Warga Ponorogo Berebut Tumpeng Sedekah Bumi

Sambut Bulan Suro, Warga Berebut Dawet Tolak Balak

Muharrom, Berkah Bagi Penjamas Keris


Tradisi Jamas Merawat Pusaka pada 1 Suro

Peringatan 1 Suro, Kirab Pusaka Kerajaan Tombak Kiai Bimo

Menyambut 1 Suro Gelar Ritual Mandi Malam

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber