Berita Terbaru :
New Normal Persiapan Sekolah Jelang Pembelajaran Tatap Muka
Polsek Sukolilo Tangkap 1 DPO Pengeroyokan di Medokan, 2 DPO Masih Buron
Peringati HUT RI ke 75, Koki Kapal Perang Koarmada II Adu Ketangkasan Lomba Memasak
Meriahkan Agustusan, Guru Situbondo Buat Diorama Berbahan Limbah
Tantangan Dirut PDAM Baru Selesaikan Antrean 3 Ribu Pelanggan
   

Kuliner Khas Oseng- Oseng Belalang
Icip - Icip  Sabtu, 17-01-2015 | 15:37 wib
Reporter : Ahmad Sarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Warga dipinggiran hutan Nganjuk, memiliki kebiasan unik setahun sekali pada masa panen padi pertama. Yaitu berburu belalang kayu jati di dalam hutan pada malam hari. Belalang hasil tangkapannya dijual, atau disantap dengan olahan kuliner oseng oseng belalang.

Puluhan warga pinggir hutan, di Dusun Kepuh Telu, Desa Balongrejo Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk sejak habis maghrib sudah berkumpul dipinggir hutan, guna persiapan berburu belalang. Sejumlah peralatan berburu disiapkan, seperti lampu sorot, senter dan tentunya tempat belalang.

Usai peralatan siap, berburupun dimulai. Warga pinggiran hutan ini mulai menyeruak masuk kedalam hutan, dengan berjalan kaki sejauh sekitar 1 kilometer untuk mencari keberadaan belalang. Dari cahaya lampu sorot, sejumlah belalang terlihat di daunan kayu jati, dan pohon singkong. Tak ingin tangkapanya lepas, para pencari ini langsung menangkap belalang yang bertengger di dahan dengan tangan kosong.

Menurut agus, salah satu pencari belalang, sengaja mencari di malam hari karena belalang tidak gesit, dan diam saat dipegang. Sehingga memudahkan dalam proses perburuan. Keberadaan belalang menuruntnya hanya ada setahun sekali. Yaitu pada musim panen pertama, atau pada musim pancaroba, dari hujan kekemarau. Dalam tiga jam pencarian belalang, rata rata warga mendapatkan hasil sekiar 500 ekor belalang.
 

 "Hasil tangkapanya bisa dijual dengan harga Rp 75 per ekor,  atau  sengaja mencari untuk kebutuhan lauk pauk" tambah Agus.

sedangkan Sarji salah satunya, mencari belalang dengan tujuan akan dijadikan menu masakan oseng oseng belalang jati untuk disantap bersama keluarga. Proses masak sederhana. Belalang di bersihkan dulu dari kotoran, kemudian dicuci  untuk kemudian di goreng.

Sementara bumbunya, hanya campuran cabe, bawang putih dan merah serta sedikit garam . Saat belalang setangah matang, bumbu yang sudah di haluskan segera di campur untuk digoreng bersama. Dari bentuknya, oseng oseng belalang ini mirip dengan oseng oseng udang. Bila dirasa sudah cukup, oseng oseng belalang siap disajikan.

"Lauk pauk belalang merupakan makanan khas warga hutan, dan hanya setahun sekali bias didapat. Bila musim belalang tiba, warga sangat merindukan kuliner belalang ini" kata Sarji.

Rasanya juga sangat nikmat saat dikunyah dan digigit menjadikan kenimatan tersendiri bagi para pencinta kuliner ekstrim. Bahkan warga meyakini, oseng oseng belalang bisa menambah stamina karena belalang mengandung protein tinggi. Namun bagi yang tidak biasa dengan menu kuliner ini, bisa menimbulkan alergi gatal gatal pada kulit. (pul)


Berita Terkait

Olesan Bumbu Merah Pedas Manis, Belalang Goreng Kian Diminati Pembeli

Nyam..Camilan Belalang Sawah Makin Diminati

Makan Sahur Pake Belalang . .

Aktivitas Unik Warga Tuban Menjelang Musim Hujan Itu Berburu . .
Berita Terpopuler
Tantangan Dirut PDAM Baru Selesaikan Antrean 3 Ribu Pelanggan
Ekonomi Dan Bisnis  8 jam

Meriahkan Agustusan, Guru Situbondo Buat Diorama Berbahan Limbah
Rehat  7 jam

Peringati HUT RI ke 75, Koki Kapal Perang Koarmada II Adu Ketangkasan Lomba Mema...selanjutnya
Life Style  6 jam

New Normal Persiapan Sekolah Jelang Pembelajaran Tatap Muka
Pendidikan  4 jam



Cuplikan Berita
Mobil Pick Up Terbakar di Kebun Tebu, Seorang Alami Luka Bakar
Pojok Pitu

Salah Menyulut Rokok, Tabung Gas LPG Meledak
Pojok Pitu

Ternyata Tanah Negara di PPU Maospati Diperjualbelikan
Jatim Awan

Awal September Subsidi Gaji Dari Pemerintah Cair 1,2 Juta
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber