Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Benteng Kedung Cowek Surabaya. FOTO: Yuyung Abdi/Jawa Pos
Benteng Kedung Cowek Saksi Sejarah yang Nyaris Terlupakan
Senin, 14-12-2015 | 01:31 wib
Oleh :
Surabaya pojokpitu.com, Kedung cowek bukan hanya nama sebuah jalan yang dekat dengan Jembatan Suramadu. Jembatan fenomenal yang menghubungkan Pulau Jawa dengan pulau Madura ini sudah menjadi ikon kota. Namun jika menengok ke kilas sejarah masa lalu, Kedung Cowek menyimpan kisah sejarah yang sangat berharga bagi Kota Pahlawan ini. Seperti dilansir jpnn.com, di kawasan ini terdapat sebuah bangunan yang menjadi saksi perjuangan para pahlawan Suroboyo.

Sebuah bangunan yang tertutup rerimbunan vegetasi dan semak-semak itu merupakan saksi sejarah pertempuran 10 November. Ya, bangunan itu adalah salah satu saksi gigihnya para pejuang yang berjumlah 200 personel dari Batalyon Sriwidjaja mempertahankan Surabaya dari serangan pasukan Inggris melalui darat dan udara.

Bangunan itu disebut Benteng Kedung Cowek. Benteng itu memang seakan terlupakan di tengah pesatnya pembangunan kota. Kondisinya tidak terurus, bahkan memprihatinkan. Padahal, dilihat dari arsip milik koleksi Nationaal Archive Den Haag, benteng itu dibangun pada 1900 dengan panjang 1,6 kilometer di bibir pantai.

Jawa Pos dibantu komunitas pencinta dan pemerhati sejarah Roode Brug Soerabaia serta perwakilan dari Koramil Kenjeran, Kodim Surabaya Timur, dan Satkopaska Armatim menelusuri sisa-sisa sejarah di Benteng Kedung Cowek beberapa waktu lalu. 

Turut serta pula, penulis buku Benteng-Benteng Surabaya Ady Setiawan. Dia menjelaskan perihal beberapa sudut bangunan yang masih tersisa bekas pertempuran dahsyat itu.(rid/sep/c7/fat/end)


Berita Terkait


Kalangan Akademisi Ikut Lestarikan Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek Dibangun Selama 7 Tahun (1900 - 1907)

Benteng Kedung Cowek: Antara Belanda Dan Jepang?

Heroisme di Benteng Kedung Cowek


Begini Isi Surat Terbuka Kepada Tim Ahli Cagar Budaya Terkait Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek Akan Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

Heroisme di Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek, Aset Bersejarah Yang Terpendam

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber