Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Wisata Kampung Lawas Surabaya Tarik Wisatawan Asing
Minggu, 24-01-2016 | 16:27 wib
Oleh : Saikul Isnaini
pojokpitu.com, Kota Surabaya kembali memiliki destinasi wisata baru kunjungan heritage atau wisata sejarah, yakni kampung lawas di Jalan Maspati Bubutan Surabaya. Wisata heritage baru ini diharapkan bisa menarik wisatawan asing yang saat ini banyak mengunjungi Jawa Timur melalui jalur laut dengan kapal pesiar.

Wisatawan Kampung Lawas Maspati, Bubutan Surabaya, mengikuti pembukaan Kampung Lawas Maspati pagi tadi (24/1).  Pembukaan kampung lawas yang dihadiri oleh Tri Rismaharini, pengagas kampung lawas, Toto Heliyanto , Direktur SDM Umum PT Pelindo 3 Tanjung Perak dan sejumlah mahasiswa Indonesia dan Korea.

Dibukanya Wisata Kampung Lawas ini karena mempunyai nilai sejarah tinggi dan bangunan di kampung tersebut mempunyai nilai sejarah dari peradaban Kerajaan Surabaya. 

Bangunan bersejarah yang ada di kampung tersebut di antaranya bangunan Sekolah Ongko Loro. Dahulu bangunan sekolah ini merupakan sekolah rakyat atau sekolah dasar.  Bangunan ini dahulunya merupakan pinjaman dari Belanda, wisatawan disini bisa dikenalkan dengan aksara jawa atau huruf jawa. 

Selain Sekolah Ongko Loro juga ada bangunan bersejarah lain, yaitu Rumah Raden Sumomiharjo, salah satu keturunan Kraton Solo. Di Wisata Kampung Lawas ini, wisatawan juga disuguhi beragam makanan khas Surabaya. Demikian diungkapkan 
Tri Rimaharini, penggagas Kampung Lawas. 

Sementara itu, Toto Heliyanto selaku Direktur SDM Umum PT Pelindo 3 Tanjung Perak, PT Pelindo 3 menggandeng dan membina kampung lawas ini, bertujuan untuk menarik wisatawan asing, yang saat ini sering datang ke Jawa Timur dengan kapal pesiar. Dengan digagasnya Kampung Lawas ini, para wisatawan asing tidak perlu jauh - jauh untuk menikmati wisata sejarah, karena di Surabaya sudah ada. 

Dengan dibukanya Kampung Lawas ini, diharapkan bisa menarik wisatawan asing lainnya di tengah persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dan memberikan dampak positif bagi perekonomian warga sekitar.(end)

Berita Terkait


Wisata Kampung Lawas Surabaya Tarik Wisatawan Asing

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber