Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Kuliner khas Surabaya Semanggi. Foto/gambar: Nova S
Semanggi Suroboyo Yang Kaya Serat Dan Vitamin
Senin, 09-03-2015 | 13:37 wib
Oleh : Nova Sari
Surabaya pojokpitu.com, Kuliner khas Surabaya yang banyak dikenal diantaranya Rujak Cingur dan Semanggi. Rujak Cingur masih banyak ditemukan di kota Pahlawan ini. Beda halnya dengan Makanan Semanggi. Kenapa disebut Semanggi? Karena bahan utama dari kuliner ini adalah daun semanggi, yang masih satu rumpun dengan tumbuhan kelompok paku air dari marga Marsilea, yang biasanya bisa ditemukan dipematang sawah atau tepi saluran irigasi.

Kuliner semanggi sendiri, bisa dibilang sebagai salad khas Suroboyo. Karena sayuran tersebut disajikan dengan bumbu kacang. Yup, hamper mirip dengan makanan pecel plus krupuk peyeknya. Nah, kalau kuliner semanggi ini sendiri, bahannya yaitu daun semanggi, taoge, dan daun papaya yang sudah direbus. Sementara untuk bumbunya diantaranya ada kacang tanah, ketela rambat, gula,dan garam.

Nah, untuk penyajiannya, biasanya menggunakan daun pisang. Ini membuat rasa semanggi makin menggigit, dibandingkan menggunakan piring.  Sementara untuk penyajiannya sendiri, yaitu sayur semanggi, tauge, daun papaya ( optional, bisa dicampurkan bisa tidak ), bumbu semanggi yang sudah diencerkan dengan air, ditambah sedikit petis, dan sambal  bagi yang suka pedas.

Jangan lupa tambahkan kerupuk puli, sebagai pengganti sendok. Daun semanggi sendiri mempunyai banyak khasiat. Selain kaya serat, juga bisa mencegah osteoporosis karena mengandung fitoestrogen. Namun Anda harus mewaspadai asal dari tanaman semanggi ini sendiri. Karena semanggi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu menyerap logam berat Cd ( cadmium )dan Pb ( timbale ). Kemampuan ini perlu diwaspadai dalam penggunaan daun semanggi sebagai bahan makanan, terutama bila daunnya diambil dari lahan tercemar logam berat.(pul)



Berita Terkait


Nyam Nyam..Iga Gongso Khas Mbah Djoe

Kembangkan Menu, Promosikan Ke Vloger

Sajian Kuliner Khas Aceh Pulut Panggang

Menu Berbuka Puasa dengan Soto Bebek Kurma

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber