Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Ratatouille Sayur Enak Gaya Perancis
Selasa, 10-03-2015 | 11:37 wib
Oleh : Pulung Aji
pojokpitu.com, Bicara tentang Perancis, negara itu mempunyai keindahan tempat yang luar biasa, terutama menara Eiffel. Tetapi selain keindahan tempatnya, Perancis juga memiliki makanan khas berupa sayuran, yaitu Ratatouille.

Ratatouille sendiri berisi courgette atau zucchini (semacam ketimun), tomat, cabai merah dan hijau, bawang dan bawang putih.  Kata Ratatouille berasal dari touiller yang artinya adalah melempar makanan. Ratatouille berasal dari daerah nice dan sekitarnya. Makanan ini aslinya adalah makanan para petani miskin yang dimasak pada musim panas dengan sayuran musim panas. Ratatouille yang asli tidak memuat terong (yang bukan sayuran musim panas seperi sayuran lainnya). Isinya adalah courgette atau zucchini (semacam ketimun), tomat, cabai merah dan hijau, bawang dan bawang putih. Seringkali Ratatouille yang dikenal sekarang menambahkan terong.

Ratatouille Perancis dihidangkan begini saja atau dengan nasi, kentang atau roti. Biasanya dihidangkan sebagai makanan makan siang dengan roti. Biasanya juga disertai dengan masakan kentang sebagai pelengkap. Atau hanya dihidangkan sebagai makanan samping saja. Semua makanan ini ditumis memakai minyak zaitun, bawang putih dan beberapa tumbuhan herbal.

Meskipun tergolong masakan tradisional cara membuatnya masih diperdebatkan. Ada satu cara yang terbilang mudah. Semua bahan bisa ditumis jadi satu, ada juga yang membuatnya dengan menumis terong dan zuchini secara terpisah. Sedangkan tomat, bawang merah, bawang putih dan paprika dimasak menjadi saus.

Setelah matang Ratatouille bisa dimasukkan kedalam isian casserole dan akhirnya dipanggang dalam oven. Adapun metode ketiga cara membuat Ratatouille  dengan mencampurkan semua bahan, kemudian dimasukkan kedalam panci besar dan direbus.(pul)



Berita Terkait


Nyam Nyam..Iga Gongso Khas Mbah Djoe

Kembangkan Menu, Promosikan Ke Vloger

Sajian Kuliner Khas Aceh Pulut Panggang

Menu Berbuka Puasa dengan Soto Bebek Kurma

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber