Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Harga Ikan Lele Merosot, Produksi Abon Lele Sampai Manca Negara
Kamis, 28-04-2016 | 07:21 wib
Oleh : Hernawan Mustika
Jember pojokpitu.com, Seorang peternak ikan di Jember, memiliki cara lain untuk menyiasati terus merosotnya harga ikan lele segar di pasaran, yakni dengan mengubahnya menjadi abon yang lezat sekaligus bergizi. Tidak hanya pasar dalam negeri, pasar abon lele, bahkan kini telah merambah sejumlah negara di luar negeri, sehingga mendatangkan rezeki jutaan rupiah baginya. Kondisi ini membuat dirinya tak hanya menggantungkan penghasilan dari penjualan ikan lele segar.

Pranjar Safitriono, peternak ikan lele, warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Jember, kini tak perlu pusing lagi dengan terus merosotnya harga ikan lele di pasaran.

Dengan keuletan dan inovasi yang dipikirkan bersama istrinya, dirinya memiliki cara lain untuk menutupi tingginya biaya produksi ternak lele, yang tidak sebanding dengan harga ikan lele di pasaran, yakni dengan mengubahnya menjadi abon.

Harga ikan lele di pasaran sendiri saat ini hanya berkisar antara Rp 12 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram, dengan isi sekitar 10 ekor. Padahal, biaya produksi untuk 10 ekor ikan lele dari pembibitan hingga panen, mencapai Rp 22 ribu.

Proses pembuatan abon lele sendiri cukup sederhana. Awalnya, ikan lele siap panen dibersihkan dari tulang dan kulitnya. Selanjutnya, daging ikan lele dicampur dengan bumbu-bumbu tradisional, seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan kunyit. Campuran tersebut kemudian digoreng hingga kering dan daging lele hancur. Proses penggorengan membutuhkan waktu hingga 3 jam lamanya.
 
Selain rasanya lezat dan bergizi, abon lele juga lebih awet sehingga masih bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Harga abon lele dibandrol Rp 25 ribu per kilogram dan cukup diminati pasar. Tidak hanya pasar dalam negeri, pasar abon lele, bahkan kini telah merambah sejumlah negara di luar negeri, seperti Hongkong, Singapura, China sampai Amerika, sehingga mampu menghasilkan omzet jutaan rupiah.(end)
 

Berita Terkait


Abon Berbahan Lele Sangat Diminati Warga Malang

Harga Jual Ikan Lele Terus Merosot, Peternak Jadikan Abon

Harga Ikan Lele Merosot, Produksi Abon Lele Sampai Manca Negara


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber