Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Nikmatnya Rawon Saat Musim Hujan
Sabtu, 14-03-2015 | 11:42 wib
Oleh : Puri Anindita
pojokpitu.com, Rawon atau nasi rawon (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini (kecuali serai dan lengkuas) dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek.

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Namun resep cara membuat rawon paling enak, merupakan seni tersendiri. Bahkan sajian kuliner masakan yang sangat khas di Indonesia ini akan berbeda rasa tiap daerahnya. khusus di daerah Surabaya dan pesisir utara, rawon punya cita rasa lebih gurih dan penuh hidangan daging. Berbeda bagi cita rasa rawon di selatan Jawa Timur yang lebih manis dan pekat dengan bumbunya. Namun hidangan rawon ini tetap nikmat dan lezat jika disandingkan dengan kerupuk dan dinginnya cuaca saat hujan. (pul)

Berita Terkait


Perpaduan Kuliner Jawa Timur Rujak Petis Dengan Rawon

Di Restoran Ini, Jika Hafal Teks Proklamasi Bisa Bayar Rawon Separoh

Nikmatnya Rawon Balungan, Cocok Disajikan Saat Berbuka Puasa

Sensasi Unik Nasi Goreng Rawon


Sensasi Unik Nasi Goreng Rawon

Nikmatnya Rawon Saat Musim Hujan

Gurih Dan Lezatnya Rawon Iga Sapi
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber