Berita Terbaru :
Pandemi Ini Juga Bawa Berkah untuk Dona
Tarif Materai Kini Rp 10.000
MA Pangkas Hukuman Terpidana Korupsi Anas Urbaningrum
Pasca KK Dijadikan Bungkus Tempe, Disdukcapil Buat Tim Khusus
   

Kompetisi Barista Festival Kopi 2016
Tapal Kuda Dan Madura  Minggu, 24-07-2016 | 21:41 wib
Reporter : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Untuk memantapkan Bondowoso sebagai Republik Kopi, Pemerintah Kabupaten Bondowoso menggelar Kompetisi Barista Kopi. Kompetisi yang diikuti puluhan barista kopi seluruh Indonesia ini memperebutkan hadiah Sertifikat Barista Internasional dan uang jutaan rupiah.

Puluhan peserta barista kopi beraksi dengan beberapa kelebihan di hadapan juri. Kompetisi barista merupakan rangkaian Festival Kopi Nusantara 2016, yang digelar di Lapangan Kalisat Sempol Bondowoso. Festival ini diadakan untuk lebih mengutarakan pencanangan Kabupaten Bondowoso sebagai Republik Kopi. 
 
Diikuti oleh 24 peserta dari berbagai kota di Indonesia, para peserta mendemontrasikan cara meracik kopi di depan juri dengan teknik seduh tanpa menggunakan mesin atau brewing. Mulai dari penyeduhan hingga penyajian, para peserta menampilkan dengan gaya dan kemampuan masing-masing. Barista berasal dari bahasa Italia sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan.
 
Kopi yang digunakan adalah Kopi Arabica Java Ijen Raung Bondowoso. Peserta menggiling biji kopi kemudian meracik dengan resep rahasia yang menambah cita rasa kopi. Tak hanya itu, semua resep rahasia para peserta wajib dipresentasikan di depan para juri.
 
Kriteria juri yang merupakan pakar kopi nasional dan internasional. Penilaian kompetisi barista ini diantaranya, cara penyajian dan cara meracik dengan air, serta suhu kopi siap sajinya. Dalam keahlian barista, kopi yang sama akan berbeda rasa, jika cara peracikannya tidak sama.
 
Menurut Gudek, salah satu peserta Kompetisi Barista asal Surabaya, tertantang dengan Kompetisi Barista yang pesertanya dari kota seluruh Indonesia. Menjadi Barista mempunyai kepuasan tersendiri karena bisa memodivikasi rasa kopi.
 
Pemenang Kompetisi Barista ini mendapatkan hadiah uang jutaan rupiah, dan mendapatkan Sertifikat Barista yang diakui dunia.(end)

Berita Terkait

Ribuan Pengunjung Tumplek Blek di Acara Festival Sepuluh Ewu Cangkir Kopi

Emil Dardak Kunjungi Festival Kopi Blitar 2018

300 Peserta, Ikuti Lomba Sangrai Kopi Luwak Juara Dunia

Ajang Promosi, Situbondo Gelar Festival Kopi Luwak Juara Dunia
Berita Terpopuler
MA Pangkas Hukuman Terpidana Korupsi Anas Urbaningrum
Hukum  3 jam

Pasca KK Dijadikan Bungkus Tempe, Disdukcapil Buat Tim Khusus
Peristiwa  4 jam

Tarif Materai Kini Rp 10.000
Ekonomi Dan Bisnis  2 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Massa Hadang Penjemputan Pasien Covid 19
Pojok Pitu

Belasan Kartu Keluarga Dijadikan Bungkus Tempe
Pojok Pitu

Langgar Protokol Kesehatan Pertunjukan Seni Musik Tradisional Dibubarkan Satgas ...selanjutnya
Jatim Awan

Angka Gugat Cerai di Sidoarjo Didominasi oleh Pihak Istri
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber