Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Merefleksikan HUT Kemerdekaan RI ke 71, seorang dalang cilik menggelar pertunjukkan wayang. Gelar wayang dengan dalang dari siswa sekolah dasar ini mengingatkan kultur bangsa yang mulai digerus budaya asing. Foto Yus
Pentas Dalang Cilik Refleksikan Hari Kemerdekaan
Rabu, 17-08-2016 | 08:39 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Berangkat dari maraknya permainan online seperti pokemon go, salah satu sekolah dasar swasta di Surabaya, menggelar pertunjukkan wayang kulit. Uniknya, gelar wayang kulit ini dimainkan oleh seorang dalang cilik.

Pertunjukkan wayang dari dalang cilik Tio Artaq Arif Fian Hidayatullah menceritakan perjalanan bangsa saat menuju kemerdekaan. Tema HUT Kemerdekaan RI menjadi refleksi untuk perilaku remaja dan anak yang kini hampir melupakan kultur dan sejarah bangsa.

Menurut Roni Handoko, Guru Kesenian, keberadaan budaya barat dan permainan online membuat kearifan lokal serta budaya bangsa makin terpinggirkan. Dengan pertunjukkan ini, diharapkan mampu mengingatkan budaya bangsa dengan cara yang menyenangkan.

Dalam gelar wayang itu, dalang cilik Tio Artaq menceritakan penggalan perjalanan saat merebut kemerdekaan, sebagai kritik masuknya permainan pokemon go, yang makin menggeser karifan lokal. Pertunjukkan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan moral untuk kembali ke budaya bangsa untuk mengisi kemerdekaan. (pul)




Berita Terkait


Pendalang Cilik Perempuan Ini Menyabet Gelar Dalang Terbaik Se Indonesia

Puluhan Dalang Wayang Kulit Cilik Ikuti Fastival

Dalang Cilik Berprestasi Ini Bernama Fallah

Kisah Dalang Cilik Aldo, Membiayai Sekolah dari Hasil Pertunjukkan


Pentas Dalang Cilik Refleksikan Hari Kemerdekaan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber