Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Tas Pandhalungan Berbahan Buah Maja Nan Unik
Sabtu, 12-11-2016 | 19:43 wib
Oleh : Chofi Zamani
Jember pojokpitu.com, Berawal dari jarangnya pihak yang memanfaatkan buah maja dan hanya dibuang begitu saja, seorang perajin di Jember, berhasil membuat tas berbahan buah maja yang unik dan bernilai jual tinggi. Karena keunikannya, tas berbahan buah Maja yang diberi nama tas maja Pandhalungan tersebut, kini banyak diminati dan sudah dipasarkan hingga berbagai daerah.

Di tangan para perajin di Desa Balung Tutul, Kecamatan Balung, Jember, buah maja yang tak termanfaatkan dan terbuang begitu saja diolah hingga menjadi karya kerajinan tangan yang unik.  

Cara membuatnya, setelah dikeringakan hingga mengeras, buah maja yang dikenal sebagai buah khas Kerajaan Majapahit ini, kemudian dihaluskan dengan menggunakan ampelas atau kertas gosok.  

Setelah halus, buah maja kering diberi tali yang terbuat dari kulit pohon waru, serta dihiasi dengan manik-manik dari tulang dan kayu cendana, agar semakin unik dan  memiliki aroma alami. Para perajin juga menghiasi tas buah maja dengan ukiran dan lukisan khas Jawa.  
Keunikan dari tas buah maja membuat disukai banyak  kalangan, mulai kalangan anak-anak hingga dewasa. Harga jual tas maja Pandhalungan ini berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 300.000.

Sejauh ini, tas maja Pandhalungan ini sudah dipasarkan ke berbagai kota-kota besar, seperti Jogjakarta, Surabaya, Malang, Denpasar
dan Jakarta yang dipasarkan secara online.  

Tas buah maja ini sengaja diberi nama tas maja Pandhalungan, karena tas ini diharapkan menjadi ikon kota Jember yang dikenal sebagai daerah Pandhalungan atau campuran dari berbagai suku, khususnya suku Jawa dan Madura. (mud) 

Berita Terkait


Zeby Jatim Community Menolak Punah

Tas Pandhalungan Berbahan Buah Maja Nan Unik

Penggemar Reggae Ini Bisa Bikin Tas Cantik Dari Kain Bekas

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua