Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Calon Kepala Daerah Diminta Buat Program Perlindungan Anak
Senin, 12-12-2016 | 18:50 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta kepada calon kepala daerah yang maju pilkada maupun partai politik di Indonesia untuk membuat program perlindungan anak di Indonesia.

"KPAI sangat mendukung dan menyambut baik apabila parpol dan calon Kepala daerah membela hak anak Indonesia dari kekerasan, karena anak merupakan generasi penerus perjuangan bangsa Indonesia," ujar Ketua Bidang Sosialisasi KPAI, Erlinda saat ditemui usai sosialisasi seminar pendidikan melindungi anak dari tindak kekerasan yang diselenggarakan oleh Sahabat Perlindungan Anak Indonesia (SAPA) di kantor DPD Partai Golkar Jatim.

Dikatakannya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) saat ini mencatat ada 1000 kasus kekerasan pada anak dalam kurun waktu selama tahun 2016. Jumlah tersebut didapat dari laporan yang masuk di KPAI. "Jumlahnya bisa meningkat karena ada yang laporan di Polri dan jajarannya," ungkapnya.

Lebih lanjut,  di antara 1000 kasus tersebut, ada 136 kasus kekerasan terhadap anak melalui medsos. "Tren perkembangan teknologi yang membuat medsos menjadi salah satu alat untuk kekerasan terhadap anak. Misalnya bully dan sejenisnya,"ujarnya.

Presiden SAPA Indonesia, Lita Aziz Syamsudin, mengimbau anggota SAPA di Indonesia agar tetap terus melakukan sosialisasi tentang program perlindungan anak dari perilaku kekerasan hingga tingkat desa.

"Langkah kami yang dilakukan saat ini, yaitu penyuluhan atau memberikan penjelasan kepada masyarakat baik melalui puskesmas atau posyandu, ibu PAUD. SAPA Indonesia juga telah memberikan pendampingan. Aksi ini dilakukan terhadap anak yang tertimpa perilaku kekerasan. Kami siap mengantar dan melaporkan ke polisi dan RT," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Umum IIPG Pusat, Deisti Astriani Novanto mengatakan, untuk sementara SAPA akan bekerjasama dengan ibu-ibu PKK dan guru PAUD untuk mensosialisasikan tentang kekerasan anak. Namun SAPA juga bisa menyediakan advokasi bagi mereka yang terkena kekerasan. 

"Untuk saat ini kami baru bekerjasama dengan PKK dan PAUD lewat posko Posyandu. Tapi tak menutup kemungkinan kita akan membuka semacam posko berikut akan diberikan advokasi," lanjut istri ketua umum Partai Golkar, Setya Novanto ini.(end)





Berita Terkait


PNS Harus Mundur Bila Maju Kepala Daerah

Calon Kepala Daerah Diminta Buat Program Perlindungan Anak

PDIP Keluarkan 6 Rekom Calon Kepala Daerah di Jatim


Pelantikan Calon Kepala Daerah Terpilih Seharusnya Serentak

Gubernur Jatim : Partisipan Menurun Karena Pemilih Belum Kenal Calon Kepala Daerah

Warga Menaruh Harapan Besar Pada Calon Kepala Daerah Baru

Nah Lho..Calon Kepala Daerah dari Kubu Ical Diduga Dimintai Uang

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber