Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Meskipun saat ini masih diberlakukan penutupan pendakian malam hari, Kawah Ijen masih dalam kondisi normal. Wisatawan yang gagal mendaki akhirnya harus puas menikmati segarnya oksigen di pos pembarangkatan paltuding. Foto Handoko
PENGUMUMAN, Kawah Ijen Ditutup Untuk Pendakian Malam
Kamis, 27-04-2017 | 17:58 wib
Oleh : Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Destinasi wisata Kawah Ijen masih ditutup untuk pendakian malam hari. Ini dikarenakan masih ada gas beracun yang keluar dari danau kawah akibat dari musim hujan.

Dari rilis Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) memajukan lebih awal, pembukaan pendakian dari sebelumnya pukul 03.00 wib, kini menjadi pukul 02.00 wib .
 
Sejak 5 maret lalu, penutupan diberlakukan saat fenomena blue fire yang cantik, tak bisa dinikmati. Lantaran petugas memberlakukan batasan waktu untuk pendakian. Bahkan petugas memasang pengumuman di pintu gerbang pendakian di Paltuding Ijen. "Pendakian dibuka pukul 02.00 Wib hingga 12.00 Wib".
 
Menurut Kepala BKSDA Banyuwangi Sumpena, sesuai hasil pengukuran suhu air permukaan Kawah Ijen yang dilakukan bersama vulkanologi tanggal 20 April 2017 lalu, yaitu 43 celsius. Serta persetujuan dari vullkanologi, kondisi Kawah Ijen dinilai semakin stabil, terhitung sejak tanggal 24 April 2017 kemarin, kunjungan di Kawah Ijen dibuka mulai pukul 02.00 Wib sampai dengan pukul 12.00 wib pada setiap hari. Radius aman kunjungan 1 kilometer dan pengunjung dilarang turun ke dasar kawah .
 
"Meski saat ini masih diberlakukan penutupan pendakian malam hari, Kawah Ijen masih dalam kondisi normal," kata Sumpena.
 
Gas beracun di Kawah Ijen akibat dari curah hujan yang tinggi di kawasan gunung ijen. Suhu air kawah meningkatkan dan menyebabkan air kawah mengeluarkan letusan kecil yang mengandung gas beracun sulfur dioksida (so2), karbon dioksida (co2) dan asam sulfat (h2s). (pul)
 



Berita Terkait


PENGUMUMAN, Kawah Ijen Ditutup Untuk Pendakian Malam

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber