Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Salah satu desa di Nganjuk mengelar tradisi jamasan pusaka, guna melestarikan peninggalan nenek moyang. Foto Syarwani
Warga Desa Gelar Tradisi Jamasan Pusaka di Bulan Suro
Senin, 16-10-2017 | 12:05 wib
Oleh : Achamd Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Tradisi jamasan pusaka atau memandikan sekaligus mensucikan pusaka masih dilakukan oleh warga Nganjuk. Salah satunya di Desa Balaituri Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk.

Jamasan bertempat di rumah Witanto Harjo Winoto Negoro, sesepuh desa setempat, dimulai dengan iring iringan dua gadis membawa tempayan dan bunga.

Iring iringan di ikuti oleh sesepuh desa, sejumlah abdi dalem dari Kasunanan Hadinigrat dan sejumlah warga desa, menuju sumber air, guna di ambil untuk mensucikan pusaka.

Air yang sudah diambil diserahkan kepada sesepuh desa sebagai orang yang memimpin upcara jamasan pusaka. Usai air diterima, mulailah sesepuh melakukan pembersihan dan pensucian pusaka. Puluhan jenis pusaka di jamasi, diantaranya berbagai jenis keris, dan tombak.

Menurut Witanto, jamasan pusaka di lakukan tiap tahun dan sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam sebagai peninggalan nenek moyangnya. 

Hal itu tetap ia lakukan sebagai bentuk melestarikan budaya, karena tradisi jamasan pusaka sudah mulai hampir punah di sejumlah kota besar, dan juga untuk mengenalkan pada generasi muda.

Sementara menurut Mangayun Suroso, warga setempat, setiap diadakan jamasan pusaka, ia selalu ikut untuk diserahkan kepada sesepuh guna membersihkan pusakanya.

"Dilakukan setiap bulan suro, untuk berdoa meminta kepada Tuhan agar pusaka berupa keris atau yang lainnya, bisa bersih, suci dan menghormati nyoni yang berada di dalam pusaka," kata Mangayun Suroso.


Usai satu persatu pusaka di jamasi, pusaka dikembalikan kepada pemiliknya. Para pelestari budaya ini berharap pemerintah bisa ikut andil untuk memberikan dukungan, dengan menghadiri acara atau memberikan bantuan dana pelaksanaan acara tersebut. (pul)


Berita Terkait


Warga Desa Gelar Tradisi Jamasan Pusaka di Bulan Suro


Unik, Tradisi Bulan Suro di Alas Ketonggo

Bulan Suro, Jasa Pelayanan Mencuci Pusaka Banyak Diminati

Meriahkan HUT RI dan Bulan Suro, Bendera 73 Meter Diarak Keliling Desa

Untuk Sementara, Tradisi Nyekar Bulan Suro Ditiadakan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber