Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Yudi Harymukti, Deputi Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur
Bank Indonesia : Kasus Skimming di Bank Mandiri Masih Diinvestigasi
Senin, 19-03-2018 | 19:53 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Bank Indonesia memastikan kejadian skimming yang kembali terjadi di Surabaya ini masih dalam proses investigasi Bank Mandiri. Proses pemblokiran ATM yang dilakukan bank adalah langkah tepat untuk menghindari terjadinya transaksi mencurigakan. Selain itu, Bank Indonesia juga telah meminta perbankan untuk meningkatkan keamanan sistem mesin ATM dan meminta masyarakat lebih waspada.

Setelah terjadi di Kediri beberapa waktu lalu, kasus kejahatan perbankan skimming kembali terjadi di Surabaya. Kali ini menimpa nasabah Bank Mandiri Cabang Graha Pena Surabaya . Bank Indonesia menjelaskan, kejadian ini masih dalam proses investigasi dan ditelusuri oleh pihak Bank Mandiri. Sedangkan untuk pemblokiran ATM yang dilakukan Bank Mandiri merupakan langkah proteksi bank yang harus dilakukan, jika diduga terjadi transaksi mencurigakan.
 
Menurut Yudi Harymukti, Deputi Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, setelah kejadian di Kediri, pihaknya telah menginstruksikan pada perbankan untuk segera meningkatkan pengamanan, termasuk pemeriksaan ATM cabang.

Sementara menanggapi lemahnya sistem keamanan mesin ATM , Yudi menjelaskan bahwa IT selalu berkembang dan mempunyai celah yang dapat dimanfaatkan oknum, karena itu dibutuhkan pengawasan rutin dari pihak bank .
 
Pihaknya juga mengimbau masyarakat tidak perlu panik, serta menjaga kerahasiaan pin dan rutin mengganti pin. Selain itu, menjaga kerahasiaan data seperti pin, nomer kartu , nomer CCV atau nama ibu kandung, serta menggunakan mobile banking dalam bertransaksi, karena aman dan praktis.(end)
 




Berita Terkait


Sindikat Kejahatan Skimming Akhirnya Dibekuk Polisi

Antisipasi Kejahatan Skimming Polres Malang Gelar Patroli Atm

Antisipasi Skimming, Polisi Sidoarjo Rajin Periksa Mesin ATM

Bank Mandiri Telah Kembalikan Uang Korban Skimming


Bank Mandiri Telah Kembalikan Uang Korban Skimming

Polda Jatim Akan Turunkan Tim Dalami Kasus Skimming

Pakar ini Bilang Skimming ATM Sudah Masif

Bank Indonesia : Kasus Skimming di Bank Mandiri Masih Diinvestigasi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber