Berita Terbaru :
Keterlaluan, Bisnis Ganja di Tengah Wabah Corona
   

Dinkes Jatim Perangi TBC Dengan Gerakan 115
Kesehatan  Rabu, 21-03-2018 | 11:32 wib
Reporter : Yusmana Windarto
Berita Video : Dinkes Jatim Perangi TBC Dengan Gerakan 115
Surabaya pojokpitu.com, Untuk memberantas Tuberkulosis, atau TBC di Jawa Timur, Dinas Kesehatan Propinsi Jatim, mentargetkan 72 ribu kasus ditemukan. Namun hingga kini, temuan dan pengobatan terhadap penderita TBC masih mencapai 85 persen.

Mencapai target penemuan dan pengobatan penderita Tuberkulosis atau TBC, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur membuat gerakan 115. Gerakan ini merupakan upaya untuk memperbesar temuan pasien TBC, dengan menemukan satu penderita, maka harus mencari 15 kemungkinan pasien lainnya.
 
Menurut Kohar Hari Susanto, Kepala Dinkes Provinsi Jatim, pihaknya telah membuat target dengan menemukan 72.898 kasus TBC di seluruh kabupaten dan kota. Bahkan dengan pencapaian untuk penemuan dan pengobatan terhadap pasien di jatim masih mencapai 85 persen.

Pencapaian target itu berdasarkan data di Surabaya, Jombang, Bojonegoro, Sidoarjo, dan Gresik. Sedangkan daerah lain, pencapaian targetnya masih rendah diantaranya Situbondo, Bondowoso dan Magetan.

Tantangan terbesar untuk kasus TBC ini yaitu penanganan pada pasien anak-anak. "Hingga kini, pencapaian target untuk pasien anak-anak mencapai 12 persen dari seluruh kasus yang ditemukan," kata Kohar Hari Susanto.

Para pasien TBC harus menjalani program pengobatan hingga dinyatakan sembuh secara total. Jika tidak, maka seluruh program pengobatan akan sulit karena pasien mengalami resistan terhadap obat.

Sesuai data Dinkes Jatim, Indonesia masih menjadi penyumbang kasus TBC terbesar di dunia dengan angka kematian yang cukup tinggi. Dalam jangka waktu panjang, Indonesia mentargetkan penanganan 90 persen kasus TBC di tahun 2035. (pul)

Berita Terkait

Ternyata Masih Banyak Warga Sumenep Mengidap Penyakit TBC

Jemaah Calon Haji Asal Nganjuk Tertunda Keberangkatannya Karena Sakit TBC

Peringati Hari TBC, Emak-Emak Surabaya Bagikan Masker

Di Atas Target Nasional, Kabupaten Jember Target Eliminasi TBC 45 Persen
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Ditutup 2 Minggu
Pojok Pitu

Berburu Manisnya Buah Srikaya Puthuk Tuban
Pojok Pitu

Relawan Serahkan APD di RSUD Kanjuruhan Kepanjen
Jatim Awan

Kabupaten Nganjuk Menjadi Salah Satu Daerah Zona Merah di Jatim
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber