Berita Terbaru :
Pandemi Ini Juga Bawa Berkah untuk Dona
Tarif Materai Kini Rp 10.000
MA Pangkas Hukuman Terpidana Korupsi Anas Urbaningrum
Pasca KK Dijadikan Bungkus Tempe, Disdukcapil Buat Tim Khusus
   

Kawah Ijen Keluarkan Gas, Puluhan Warga Keracunan
Tapal Kuda Dan Madura  Kamis, 22-03-2018 | 11:46 wib
Reporter : Rizqi Setiawan
Para petugas mendatangi rumah-rumah warga untuk membantu proses evakuasi para balita dan lanjut usia yang terkena gas beracun. Foto Riz
Berita Video : Kawah Ijen Keluarkan Gas, Puluhan Warga Keracunan
Bondowoso pojokpitu.com, Puluhan warga sekitar aliran kali pait Kawah Ijen Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso, dilarikan ke Puskesmas dan rumah sakit. Mereka mengalami gangguan pernafasan setelah menghirup gas beracun.

Menurut Kiptiyahwati, warga Dusun Watucapil Desa Kalisat, semburan gas terjadi sekitar pukul 19.00 Wib. Gas tersebut berbau menyengat dan membuat warga kesulitan bernafas.

Seketika warga Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso, menjadi heboh dengan keluarnya gas berbau menyengat yang diduga berasal dari kawah ini. Warga yang lokasinya dekat dengan kawah harus mencari lokasi yang lebih aman.

Petugas gabungan dari Kepolisian Polres Bondowoso, Kodim 0822, Dinas Kesehatan, BPBD dan relawan bencana, mendatangi rumah warga di sekitar Kali Pait aliran air belerang kawah ijen. Petugas menstrerilkan lokasi terdampak. Saat gas masih keluar, petugas dengan sigap membawa warga ke tempat yang aman.

Petugas medis juga memberikan pertolongan pertama bagi warga yang mengalami gangguang pernafasan akibat menghirup gas tersebut.

Tercatat 7 dusun di Desa Kalisat yang terdampak gas beracun. Diantaranya, Dusun Watucapil, Margahayu, Kebun Jeruk, Pelalangan, dan Belawan. Total 30 orang mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas akibat kejadian ini. Serta 2 orang harus dilarikan kerumah sakit karena kondisinya cukup parah.

Sementara itu Kapolres Bondowoso, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi mengatakan, dugaan awal keluarnya gas beracun karena perbedaan suhu yang cukup tinggi di permukaan dan di dalam kawah. Sehingga terjadi letupan gas. "Ditambah hembusan angin kencang mengarah ke wilayah kecamatan ijen, sehingga warga keracunan," kata AKBP  Taufik Herdiansyah Zeinardi.

Keluarnya gas beracun di Kecamatan Ijen berlangsung selama 4 jam. Petugas mengimbau warga untuk berdiam di tempat aman, mengantisipasi terjadinya letupan gas susulan. (pul)

Berita Terkait

PVMBG Nyatakan Kondisi Pemukiman Kecamatan Ijen Aman

Aktifitas Kecamatan Ijen Kembali Normal

Pasca Gas Beracun, Dusun Lereng Ijen Sepi Penghuni

Pasca Gas Beracun, Jalur Wisata Ijen Dari Bondowoso Ditutup
Berita Terpopuler
MA Pangkas Hukuman Terpidana Korupsi Anas Urbaningrum
Hukum  3 jam

Pasca KK Dijadikan Bungkus Tempe, Disdukcapil Buat Tim Khusus
Peristiwa  4 jam

Tarif Materai Kini Rp 10.000
Ekonomi Dan Bisnis  2 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Massa Hadang Penjemputan Pasien Covid 19
Pojok Pitu

Belasan Kartu Keluarga Dijadikan Bungkus Tempe
Pojok Pitu

Langgar Protokol Kesehatan Pertunjukan Seni Musik Tradisional Dibubarkan Satgas ...selanjutnya
Jatim Awan

Angka Gugat Cerai di Sidoarjo Didominasi oleh Pihak Istri
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber