Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Suasana perkampungan Dusun Watu Capil Desa Kali Anyar Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso, Sepi pasca adanya gas beracun. Foto Rizqi Setiawan
Pasca Gas Beracun, Dusun Lereng Ijen Sepi Penghuni
Jum'at, 23-03-2018 | 18:00 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Berita Video : Pasca Gas Beracun, Dusun Lereng Ijen Sepi Penghuni
Bondowoso pojokpitu.com, Para warga di 2 dusun terdampak gas beracun belerang kawah Gunung Ijen Kecamatan Ijen Bondowoso, sebangian besar masih belum kembali ke rumahnya. Suasana pemukiman masih dalam keadaan sepi dan tak berpenghuni, hanya beberapa warga yang terlihat masih bertahan.

Suasana perkampungan Dusun Watu Capil Desa Kali Anyar Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso, yang biasanya ramai dengan aktifitas warga yang sebagian besar berprofesi sebagai pekerja kebun ini, tampak sepi hampir tidak ada aktifitas.
 
Sebagian besar penghuni kampung ini harus mengungsi ke tempat yang lebih aman, di sekitar Kecamatan Ijen dan sekitar Puskesmas. Karena para warga masih merasa terancam dampak gas beracun dari belerang kawah gunung ijen.
 
Selain di tempatkan di posko-posko pengungsian yang telah disediakan, seperti masjid dan puskesmas, sebagian warga juga ada yang mengungsi ke rumah sanak saudaranya. Hanya sedikit warga yang memilih bertahan untuk berjaga-jaga.
 
Seluruh rumah warga di Kecamatan Ijen merupakan tempat tinggal dengan status hak pakai. Karena tanah di lokasi ini seluruhnya milik PTPN dan perhutani.
 
Salah satu warga Batu Capil Muhammad Hafid mengatakan, para warga saat ini masih takut untuk kembali, sebelum ada kepastian dari pihak berwenang yang mengatakan bahwa kondisi sudah benar-benar aman.

Selain Dusun Watucapil, para warga di Dusun Margahayu juga masih mengungsi, karena dua dusun ini merupakan lokasi terdekat dengan kawah.

Dusun Watu Capil berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kawah ijen, dengan penghuni sekitar 200 jiwa. Sebagian besar penduduknya menggantungkan diri dengan bekerja sebagai petani kebun di kebun kopi PTPN kebun kalisat jampit maupun kebun blawan. (yos)

Berita Terkait


PVMBG Nyatakan Kondisi Pemukiman Kecamatan Ijen Aman

Aktifitas Kecamatan Ijen Kembali Normal

Pasca Gas Beracun, Dusun Lereng Ijen Sepi Penghuni

Pasca Gas Beracun, Jalur Wisata Ijen Dari Bondowoso Ditutup

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber