Berita Terbaru :
Sekolah Siap Jalani Tatanan Baru New Normal
Dishub Tuban Ciptakan Garis Jaga Jarak Mirip di Moto GP
Wali Murid Khawatir Apabila Anaknya Kembali Masuk Sekolah
Dinas Pariwisata Siapkan Konsep New Normal Sarangan
Tim Gugus Tugas Covid 19 Ponorogo Sudah Lakukan 2000 Rapid Tes
Bupati Intruksikan Tegas Lakukan Pembubaran Tempat Berkumpulnya Warga
KPU Butuh Tambahan Anggaran Rp 9 Miliar Untuk Penerapan Protokol Kesehatan
Cafe Kopi yang Ditemukan 6 OTG Ditutup Sementara
Harga Empon-Empon Anjlok di Pasar Tradisional
Pemegang Senpi di Polres Malang Diperiksa
   

Dessert Thailand Berikut Yang Memiliki Citarasa Manis
Icip - Icip  Sabtu, 23-05-2015 | 10:11 wib
Reporter : Pulung Aji
pojokpitu.com, Selain buah-buahan, orang Thailand juga menyukai kue-kue manis. Biasanya restoran Thailand punya menu ketan dengan santan dan buah. Lebih dari itu, Thailand punya dessert lainnya yang tak kalah enak.

Seperti halnya dengan Indonesia, Thailand juga mempunyai dessert khas. Banyak sekali restoran Thailand yang menjajahkannya. Namun, salah satu alasan restoran Thailand tak menyajikan kue seperti luk chub karena pembuatannya yang lama. Namun beberapa diantaranya dapat ditemui di kaki lima Thailand. Ini dia dessert khas Thailand yang bercitarasa legit.

1. Khanom krok
Dessert bercitarasa kelapa creamy ini dimasak di atas panci arang. Bentuknya kecil dan sedikit cekung mengikuti cetakan. Khanom krok menjadi favorit orang Thailand dan banyak disantap pada pagi hari di kaki lima bangkok. Umumnya topping khanom krok adalah daun bawang, jagung manis, dan talas. Paling enak disantap panas-panas.

2. Itim
Es krim Thailand atau itim bercitarasa lebih manis dan kurang creamy dibanding milik amerika. Rasanya ada bermacam-macam, seperti santan, teh Thailand dan nangka. Itim biasanya disajikan dengan cara kreatif, mulai dari roti panggang hingga batok kelapa. Di wilayah chinatown bangkok ada yang menyajikan es krim dalam hot pot seperti wadah untuk tom yum. Kemudian nitrogen cair ditambahkan ke bagian tengahnya agar menghasilkan efek dramatis.

3. Luk chub
Kue berbentuk cantik ini dibentuk menyerupai buah dan sayuran mini. Seperti mangga, cabai dan manggis. Luk chub awalnya merupakan kue  untuk anggota kerajaan di istana. Proses pembuatan luk chub cukup lama karena harus mengolah pasta kacang hijau, membentuknya, mencelupkan dalam pewarna makanan dan memberi lapisan gelatin agar mengkilap.

4. Woon bai toey
Orang Thailand menyantap gelatin dalam banyak bentuk. Woon bai toey sendiri terbuat dari daun pandan yan dilapisi jeli santan. Biasanya jeli Thailand bertekstur lebih padat sehingga bentuknya kokoh dan cantik.

5. Bua loy
Bua loy berarti teratai mengapung. Hadir dengan berbagai warna, bua loy dibuat dari resapan daun pandan dan lumatan labu. Dessert ini populer disantap setelah makan. Bua loy juga terbuat dari talas kukus yang dilumatkan bersama tepung berasa ketan dan dibentuk bola-bola kecil. Kemudian direbus dalam air sampai mengapung ke permukaan. Bola-bola ini disajikan bersama santan hangat. Tekstur bua loy halus dan lembut sehingga enak untuk dimakan. Terkadang, telur rebus disajikan juga bersama bua loy.

6. Tup tim krob
Dessert ini terbuat dari water chestnut yang dicelupkan ke dalam pewarna makanan merah, kemudian di beri tepung gaplek yang memberikan rasa yang lembut, kenyal. Water chestnut ini kemudian disajikan di es dan santan kelapa, yang dibumbui dengan garam. Hidangan ini sangat sempurna untuk dimakan di hari yang panas. Tup tim krob adalah contoh makanan terbaik dari dessert Thailand yang biasanya seimbang antara manis dan asin. (pul)



Berita Terkait

Dessert Thailand Berikut Yang Memiliki Citarasa Manis
Berita Terpopuler
Pemegang Senpi di Polres Malang Diperiksa
Malang Raya  13 jam

Dinas Pariwisata Siapkan Konsep New Normal Sarangan
Mlaku - Mlaku  7 jam

Cafe Kopi yang Ditemukan 6 OTG Ditutup Sementara
Malang Raya  11 jam

Wali Murid Khawatir Apabila Anaknya Kembali Masuk Sekolah
Pendidikan  6 jam



Cuplikan Berita
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Pojok Pitu

Satu Keluarga Tersapu Ombak, Satu Orang Tewas, Satu Lagi Hilang
Pojok Pitu

Ini Syarat Kuota Khusus Untuk Putra-Putri Tenaga Kesehatan Covid 19
Jatim Awan

Klaster Gowa Menambah Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bondowoso
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber