Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Harga Anjlok, Petani Kacang Tanah Ponorogo Resah
Senin, 05-11-2018 | 18:22 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Berita Video : Harga Anjlok, Petani Kacang Tanah Ponorogo Resah
Ponorogo pojokpitu.com, Sejumlah petani Ponorogo yang menanam kacang tanah merasa resah akibat harga kacang di pasaran anjlok. Petani berharap agar pemerintah ikut mencarikan solusi agar para tengkulak tidak mempermainkan harga kacang di musim panen raya ini.

Di musim kemarau, tahun 2018 sejumlah petani Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, yang menanam kacang tanah mulai panen raya. Meski panen raya yang dirasakan petani cukup melimpah dan hasilnya sangat bagus  jika dibanding tahun lalu, namun di tahun ini petani justru merasa resah.

Kerasahan ini dipicu akibat harga kacang tanah anjlok jika dibanding tahun lalu, yakni dari Rp 7 ribu per kilogram. Tahun ini hanya Rp 5 ribu per kilogram. Padahal untuk kualitas kacangnya sendiri sangat bagus dan bermutu, serta layak dijual di pabrik besar nasional.

Petani berharap, pemerintah agar ikut memikirkan usaha petani yang menanam sejumlah tanaman polowijo di musim kemarau tahun ini. Hal ini agar tidak dimanfaatkan para tengkulak yang nakal, terutama untuk harga jual per kilogram kacang tanah. Demikian diungkapkapkan Jemiran, salah seorang petani.

Sementara perlu diketahui, di musim kemarau panjang ini banyak petani yang menanam polowijo, mengingat kebutuhan air untuk sawah sangat berkurang drastis. (end)

Berita Terkait


Harga Anjlok, Petani Kacang Tanah Ponorogo Resah

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber