Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Setiap Tahun Ada 600 Pasien Baru AIDS di RSUD Dr Soetomo
Sabtu, 01-12-2018 | 19:11 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Pasien Aids di rsud dr Soetomo mengalami stagnasi, mencapai 600 pasien baru pertahunnya. Ini lantaran banyak pasien baru HIV Aids yang sudah terdeteksi dini, sehingga penanganannya lebih cepat dilakukan.

Erwin Artha Triyono, konselor Aids RSUD dr Soetomo menyebut, dominan penderita aids adalah laki-laki mencapai 60 persen. Sedangkan sisanya adalah perempuan ibu rumah tangga yang tertular akibat hubungan seksual dengan pasangan.

Erwin menilai, HIV Aids merupakan penyakit yang tidak mudah ditularkan selain melalui hubungan seksual dan narkoba suntik. bahkan transfusi darah dan ibu hamil yang mengidap HIV Aids sangat kecil kemungkinannya menularkan virus Hiv ke janin.

"Jika usia kandungan kurang dari 14 minggu dan segera diberikan obat anti retroviral (ARV). Karena itu, orang dengan HIV Aids, Odha, tidak perlu dihindari," ujar Erwin.

Selain kewajiban mengkonsumsi obat ARV seumur hidup, pasien HIV Aids juga wajib menjaga pola makan dan pola hidup sehat, agar perkembangbiakan virus HIV bisa ditekan dan tidak menyebar ke seluruh tubuh. (yos)




Berita Terkait


Setiap Tahun Ada 600 Pasien Baru AIDS di RSUD Dr Soetomo

Peringati Hari Aids Sedunia, Puluhan Pelajar NU Bagikan Ratusan Bunga Pada Pengguna Jalan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber