Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Sup Iga Sapi Bagi Para Pecinta Kuliner
Rabu, 14-01-2015 | 13:07 wib
Oleh : Pulung Aji
Makasar pojokpitu.com, Indonesia memang kaya akan kulinernya. Dari Sabang sampai Merauke memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri. Salah satunya adalah Sop Konro. Makanan berbahan dasar iga sapi ini memang di kenal kaya akan bumbu rempah-rempah khas Indonesia.

Bagi para pecinta kuliner khas Indonesia Timur pasti sudah tidak asing dengan kuliner yang satu ini, Namanya adalah Sop Konro. Sop Konro adalah makanan khas yang berbahan utama iga sapi. Tampilannya hampir sama dengan sop iga.  Tetapi, jika anda perhatikan sop ini memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan sop iga. Sop Konro merupakan masakan yang berasal dari tradisi bugis dan makasar.

Masakan yang memiliki kuah berwarna coklat kehitaman ini biasanya dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong potong terlebih dahulu. Warna gelap Sop Konro ini di dapat dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya  juga relatif kuat, karena campuran berbagai rempah-rempah khas makassar juga di campurkan ke dalam Sop Konro ini. 

 Biasanya Sop Konro ini disajikan dengan rasa yang cukup  pedas. karena selain menggunakan cabe, rasa pedas Sop Konro ini di perkuat merica dan juga ketumbar.  

Saat ini, varian sop ini bukan hanya berkuah dalam bentuk sop yang kaya akan rempah saja, ada juga variasi kering yang di sebut konro bakar. Yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro.  

 Biasanya, Konro Bakar ini disajikan dengan bumbu kacang sebagai pelengkapnya. Bumbu kacang tak hanya untuk Konro Bakar saja, tetapi bisa juga di gunakan untuk konro yang berkuah.  

Kedua varian tersebut sama-sama memiliki cita rasa yang menggugah selera makan anda. Akan lebih nikmat jika anda menjajal sop konro ini langsung di makassar, di pinggir pantai losari dan di lengkapi Es Pisang Ijo, tentunya akan menambah nikmatnya Sop Konro ini.(tim/pul)






Berita Terkait


Sup Iga Sapi Bagi Para Pecinta Kuliner

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber