Berita Terbaru :
Kisah Nenek 105 Tahun Sembuh Covid-19
   

Ramaikan Malam Ramadhan, Anak-Anak Bermain Sepak Bola Api
Mataraman  Sabtu, 18-05-2019 | 22:25 wib
Reporter : Agus Bondan
Dibawah pengawasan guru ngaji, halaman masjid berubah menjadi arena permainan ekstrem, sepak bola api. Foto: Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Untuk melatih fisik dan mental, sejumlah anak di Tulungagung meramaikan malam ramadhan dengan bermain sepak bola api.

Masjid diramaikan anak-anak yang tadarus Al Quran. Seperti yang dilakukan anak-anak  Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung. Dibawah bimbingan seorang guru ngaji, bocah-bocah usia SD dan SMP ini, membaca Al Quran bersama-sama di serambi Masjid Al Mimbar.

Selepas tadarus, mulai dilakukan belasan bocah mulai bermain ekstrem. Memanfaatkan halaman masjid, para bocah ini bermain sepak bola api. Dibawah pengawasan guru ngaji mereka, belasan bocah ini bermain bola dari buah bintaro, yang sebelumnya telah direndam di dalam minyak tanah dan kemudian dibakar.

Meski bola yang digunakan merupakan bola api, tanpa rasa takut, anak-anak ini saling berebut layaknya bermain bola pada umumnya. Dengan bertelanjang kaki, mereka saling menendang bola api, untuk menjebol gawang lawan, yang ditandai dengan tumpukan sandal.

Meski masih anak-anak, mereka sudah terbiasa dan mahir memainkan bola api, tanpa mengakibatkan cidera. Menurut Muhamad Syifa salah satu peserta, justru yang paling sulit adalah menjadi kiper. Karena harus menjaga gawang agar tidak kebobolan. Bahkan harus berani memegang bola api dengan tangan kosong.

Sementara itu Mohamad Roziq Bastomi guru ngaji,
selain untuk menyemarakkan malam ramadhan, permainan sepak bola api juga sebagai pendidikan karakter untuk melatih fisik dan mental anak-anak supaya kuat dan berani.

Permainan sepak bola api ini, merupakan tradisi turun temurun. Biasa dilakukan anak-anak usai tadarus di Masjid Al Mimbar. (pul)






Berita Terkait

Tradisi Akhir Ramadhan Dengan Bermain Bola Api

Ramaikan Malam Ramadhan, Anak-Anak Bermain Sepak Bola Api

Rratusan Warga Berebut Takjil Bubur Arab
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Kapal Motor Muatan Solar Terbakar di Dermaga Pulau Gili Ketapang
Pojok Pitu

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Longsor, Kendaraan Roda 4 Tidak Bisa Melintas
Pojok Pitu

Truk Penambang Pasir Terseret Banjir Lahar Semeru
Jatim Awan

Terjatuh Dari Motor Curiannya, Pelaku Babak Belur Dimassa
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber