Berita Terbaru :
Pengunjung dan Pengelolan THM Jalani Rapid Test
Masalah Ekonomi Menjadi Pemicu Perceraian di Tengah Pandemi
Komunitas Pecinta Kopi Bagikan 1000 Gelas Kopi Gratis
   

Menikmati Jalur Menantang Gunung Wilis
Mlaku - Mlaku  Sabtu, 13-06-2015 | 10:32 wib
Reporter : yanu priyoso
Setelah melalui 11 pos pendakian, puncak Limas dengan ketinggian 2.300 meter diatas permukaan laut, (m.dpl) berhasil didaki. Foto Rip
pojokpitu.com, Nama pegunungan Wilis, mungkin tak sepopuler gunung lain di Jawa Timur, tetapi gunung ini patut untuk dijelajahi bagi para petualang yang gemar mendaki gunung. Betapa tidak, gunung yang terbagi empat kabupaten ini memiliki tiga puncak yang menantang.

Ketinggian gunung wilis,  memang cuma 2.563 meter diatas permukaan laut, atau m.dpl. Tapi jangan salah, tidak hanya puncak wilis, namun masih ada banyak puncak lain dari berbagai kabupaten, yaitu Puncak Liman dan Limas,  yang mempunyai jalur sendiri-sendiri. Dan tidak cukup satu hari untuk mendakinya, dengan banyak terdapat bukit-bukit  yang jika di satukan mungkin lebih tinggi jika dibandingkan Puncak Jaya di Papua.

Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri keberadaan gunung yang pernah di lalui Panglima Besar Jendral Sudirman, untuk bergerilya melawan penjajahan belanda.

Selain Puncak Wilis dan Puncak Liman, yaitu bernama Puncak Limas, yang bisa dilalui dari desa Bajulan Kecamatan Loceret , Nganjuk, Jawa Timur, memiliki ketinggian 2300 meter diatas permukaan laut atau m.dpl.

Sebelum mendaki puncak limas, pemandangan air terjun Roro Kuning, sudah tersaji, sebagai salah satu obyek wisata yang diminati pengunjung dari berbagai daerah sekitar.

Untuk mendaki Gunung Wilis yang mempunyai vegetasi hutan tropis hetrogen, pinus dan sabana, dengan banyak menyimpan jalur-jalur belum terekspos masyarakat, butuh kesiapan fisik dan mental serta pengalaman mendaki. Selain perbukitan dengan sabana diiringi tiupan angin yang cukup kencang , banyak jalur mendaki dengan kemiringan antara 60 hingga 70 derajat yang harus ditaklukan.

Selain pemandangan indah dengan beberapa air terjun yang kita temui saat mendaki menuju puncak, dalam perjalanan akan  menemui benda-benda sakral atau benda yang bisa dibilang situs bersejarah, salah satunya petilasan Dewi Sekartaji. Disini juga didapati sumber mata air yang melimpah dari rembesan celah batu batu besar. Di pos Sekartaji inilah, merupakan tempat favorit para pendaki untuk camp, atau bermalam sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak. Tak hanya itu, dalam perjalanan juga didapati cantiknya burung Elang jawa, berterbangan di atas langit Wilis.

Setelah melalui 11 pos pendakian, puncak Limas dengan ketinggian 2.300 meter diatas permukaan laut, (m.dpl) berhasil didaki . (pul)




Berita Terkait

Hutan Wilis Tebakar Hingga Ratusan Hektar

Cita Rasa Kopi Asli Madiun Mulai Diperkenalkan

Perluasan Kawasan GOR Wilis Terancam Batal

Stadion Wilis Perbaiki Pagar Tribun
Berita Terpopuler
Masalah Ekonomi Menjadi Pemicu Perceraian di Tengah Pandemi
Metropolis  2 jam

Pengunjung dan Pengelolan THM Jalani Rapid Test
Peristiwa  47 menit



Cuplikan Berita
Ratusan Massa Hadang Penjemputan Pasien Covid 19
Pojok Pitu

Belasan Kartu Keluarga Dijadikan Bungkus Tempe
Pojok Pitu

Langgar Protokol Kesehatan Pertunjukan Seni Musik Tradisional Dibubarkan Satgas ...selanjutnya
Jatim Awan

Angka Gugat Cerai di Sidoarjo Didominasi oleh Pihak Istri
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber