Berita Terbaru :
Walikota Bongkar Warung Untuk Penataan Kawasan Sumber Umis
Polres Blitar Kota Ungkap 295 Kasus Dalam Operasi Pekat
Dampak Covid-19, 34 Warga Binaan Madiun Dibebaskan
   

Tradisi Petik Kopi Awali Panen Raya Kopi Lereng Ijen Raung
Rehat  Rabu, 03-07-2019 | 06:15 wib
Reporter : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Awal Juli hingga akhir Agustus merupakan musim panen kopi arabika di Lereng Ijen Raung di Bondowoso. Panen raya ini ditandai dengan tradisi petik kopi arabika langsung di areal kebun kopi dengan iringan musik tadisional khas pegunungan.

Ribuan hektar petak milik Perhutani KPH Bondowoso di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin, Kabupateen Bondowoso, adalah areal tanaman kopi tanaman warga yang paling subur, penghasil kopi ijen raung. Pada bulan Juli dan Agustus puluhan petani kopi berkumpul untuk mengikuti tradisi petik kopi bersama para tamu yang datang.

Kopi yang dihasilkan pun merupakan kopi terbaik dengan biji besar, berwarna merah cerah, serta buahnya sangat lebat sebagai penunjang hasil produksi. Saat petik kopi, berbagai tumpeng ukuran sedang diarak dan didoakan bersama sebagai tanda syukur musim panen.

Musik khas pegunungan yang dipadu dengan panjatan sholawat mengiringi jalannya petik pertama buah kopi terbaik. Saat ini tercatat tedapat 14.000 hektare luas lahan tanaman kopi arabika yang produksinya terus meningkat.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, mengatakan, pengembangan kopi akan diperluas ke wilayah barat yakni di Pegunungan Argopuro. "Kopi yang ditanam juga akan berbeda jenis yakni kopi robusta dengan kualitas super," jelas Irwan Bachtiar Rahmat.

Kedepan pemerintah kabupaten akan mengadakan festival kopi, agar para pembeli dan penikmat dapat bertemu langsung dengahn petani kopi. (yos)

Berita Terkait

Tradisi Petik Kopi Awali Panen Raya Kopi Lereng Ijen Raung

Awali Masa Panen, Kebun Kopi Gelar Ritual Petik Kopi

Wisata Petik Kopi Merah Lokal Asal Pasuruan
Berita Terpopuler
Dampak Covid-19, 34 Warga Binaan Madiun Dibebaskan
Hukum  2 jam



Cuplikan Berita
Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Ditutup 2 Minggu
Pojok Pitu

Berburu Manisnya Buah Srikaya Puthuk Tuban
Pojok Pitu

Relawan Serahkan APD di RSUD Kanjuruhan Kepanjen
Jatim Awan

Kabupaten Nganjuk Menjadi Salah Satu Daerah Zona Merah di Jatim
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber