Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Perjelas Status Benteng Kedung Cowek, Pangdam Terima Audensi Rooderbug Soerabaia
Rabu, 03-07-2019 | 19:15 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Para pegiat sejarah yang tergabung di Rooderbug Soerabaia akhirnya audensi dengan Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Wisnoe Prasetja Boedi. Audensi yang dilaksanakan di Kodam V Brawijaya ini untuk memperjelas status Benteng Kedung Cowek di Bulak Surabaya yang layak ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Para pegiat sejarah yang tergabung di Rooderbug Soerabaia ini akhirnya audensi dengan Panglima Komando Daerah Militer V Brawijaya beserta dan sejumlah pejabat TNI jajarannya. Audensi yang dilaksanakan di markas Kodam V Brawijaya ini bertujuan untuk memperjelas status kepemilikan Benteng Kedung Cowek di Bulak Surabaya.
 
Para pegiat sejarah yang hadir dalam audensi dengan Pangdam V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Wisnoe Prasetja Boedi , diantaranya pendiri Rooderbug Soerabaia, Nanang Purwono yang juga Wakil Pimpinan Redaksi JTV dan Ady Setyawan, bersama sejumlah pegiat sejarah lainnya.
 
Diberitakan sebelumnya, status kepemilikan Benteng Kedung Cowek dinyatakan sebagai milik pihak swasta. Namun dalam audensi ini, secara fakta menyatakan bahwa Benteng Kedung Cowek yang memiliki sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia di Surabaya ini merupakan asset pengelolaan Komando Daerah Militer V Brawijaya.
 
"Dalam pembahasan itu, benteng di kaki jembatan Suramadu ini sangat layak menjadi bangunan cagar budaya sesuai Undang-Undang nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya. Poin penting dari fakta Benteng Kedung Cowek ini adalah bangunan tersebut berusia lebih dari 50 tahun, dan memiliki sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan atau kebudayaan, serta memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa," tutur Kolonel Infantri Singgih Pamboedi Arinto, Kapendam V Brawijaya.

Dengan hasil audensi terkait status kepemilikan Benteng Kedung Cowek itu, pihak Rooderbug Soerabaia akan melakukan pertemuan kembali dengan Pemerintah Kota Surabaya. Upaya ini dilakukan agar Benteng Kedung Cowek itu diharapkan menjadi bangunan cagar budaya.(end)
 

Berita Terkait


Benteng Kedung Cowek Dibangun Selama 7 Tahun (1900 - 1907)

Benteng Kedung Cowek: Antara Belanda Dan Jepang?

Heroisme di Benteng Kedung Cowek

Perjelas Status Benteng Kedung Cowek, Pangdam Terima Audensi Rooderbug Soerabaia


Heroisme di Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek, Aset Bersejarah Yang Terpendam

Tim Cagar Budaya dan Pemerhati Sejarah Pertanyakan Kembali Kejelasan Benteng Kedung Cowek pada Pemkot

Perjelas Status Benteng Kedung Cowek, Pangdam Terima Audensi Rooderbug Soerabaia

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber