Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Terdakwa Penyelundupan Komodo Bantah Transaksi Komodo
Rabu, 03-07-2019 | 19:37 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Berita Video : Terdakwa Penyelundupan Komodo Bantah Transaksi Komodo
Surabaya pojokpitu.com, Satu per satu terdakwa perkara penyelundupan Komodo asal Flores NTT dibongkar Polda Jatim, dan disidangkan di Pengadilan Negeri Surabaya. Kali ini, jaksa menghadirkan terdakwa Imam Hanafi yang berperan sebagai pembeli komodo. Dalam persidangan, terdakwa Imam membantah telah transaksi penyelundupan komodo.

Dalam dakwaan, jaksa menjerat terdakwa Imam Hanafi selaku pembeli komodo dengan pasal 40 juncto pasal 21 Undang-Undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Sidang kali ini, jaksa menghadirkan saksi Vekki Subhun dan Rizala Satria, yang juga menjadi terdakwa dalam kasus penyelundupan komodo.

Dalam kesaksiannya, Vekki Subhun mengakui bila transaksi dengan terdakwa Imam Hanafi yang dikenalnya sebagai kolektor satwa. Saat itu, Vekki mengungkapkan bila Imam Hanafi membeli 14 komodo dengan harga Rp 12 juta per ekornya. Vekki Subhun mengakui bila komodo yang dijualnya hasil buruan dan hingga kini sudah menjual 40 komodo.

Namun keterangan Vekki Subhun ini dibantah terdakwa Imam Hanafi. Imam mengaku tidak membeli komodo melainkan burung nuri. Sidang perkara penyelundupan Komodo ini akan dilanjutkan minggu depan dengan keterangan saksi dari penyidik Polda Jatim.

Sekedar diketahui, perkara penyelundupan komodo ini diungkap Ditreskrimsus Polda Jatim. Selain mengamankan lima ekor komodo, polisi juga menyita satwa lainnya yang dilindungi. Diantaranya sepuluh ekor berang-berang, lima ekor kucing hutan, seekor jelarang, tujuh ekor lutung, enam ekor trenggiling dan seekor kakatua Maluku dan kakatua jambul kuning.(end)

Berita Terkait


Terdakwa Penyelundupan Komodo Divonis 3 Tahun Penjara

6 Ekor Komodo Dilepas Liarkan ke Habitat Aslinya

Terdakwa Penyelundupan Komodo Bantah Transaksi Komodo

Kasus Penyelundupan Komodo Mulai Disidangkan


Bos Google Ngebet Kunjungi Bromo dan Pulau Komodo

Menikmati LOB di Taman Nasional Komodo, Bak Superman yang Meluncur di Dalam Laut

KBS Habiskan 47 Kg Daging Kambing untuk Komodo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber