Berita Terbaru :
Ada Dua Pilihan Yang Meragukan, Saya Pilih Mana
Begini Pembelajaran Tatap Muka di SMKN 6 Surabaya
Jelang Pilbup, Seluruh Ketua Parpol Melakukan Deklarasi Damai
Berburu Sinyal Wifi, Para Siswa Ini Belajar di Pos Ronda
   

Menabung Selama Belasan Tahun, Nenek Penjual Kacang Akhirnya Berangkat Haji
Tapal Kuda Dan Madura  Jum'at, 05-07-2019 | 15:09 wib
Reporter : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Dengan bermodal rajin menabung dari penghasilannya berjualan kacang, seorang nenek berusia 68 tahun di Kota Probolinggo Jawa Timur, menjadi Calon Jemaah Haji (CJH). Meski usianya tidak lagi muda, namun tida menyurutkan semangatnya menunaikan rukun Islam kelima dalam musim haji kali ini.

Usia hampir seabad tak mengurangi niat nenek Sunak Muntiha Djumakah, warga Kelurahan Jalan Cokroaminoto, Gang Mranggi, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Kesempatan menunaikan haji, didapat setelah nenek dengan 1 anak 2 cucu ini menunggu selama 7 tahun. Sejak mendaftar pada 2010 lalu, baru pada musim haji kali ini ia mendapat quota kursi calon jamaah haji Kota Probolinggo, yang tergabung dalam kloter 9.

Biaya perjalanan haji menggunakan uang tabungan dari penghasilannya berjualan kacang yang dititipkan dari warung ke warung.

Meski dalam kartu tanda penduduk, nenek sunak tercatat lahir pada 1 Juli 1951, namun diperkirakan usainya 70 tahun lebih. Dari ceritanya, belasan tahun bahkan mungkin sudah puluhan tahun menabung demi mengejar cita-cata sampai ke tanah suci mekkah.

Sejak muda, Sunak berjualan kacang yang titipkan di warung-warung sekitar rumahnya. Sedangkan Ali, almarhum suaminya bekerja sebagai tukang becak. Hasil laba jualan kacang ditabung di rumah, sebulan sekali baru disetor ke bank.

Semangatnya dalam menjalankan rukun Islam ke lima, membuat Pemerintah Kota Probolinggo melalui walikota probolinggo berkunjung ke rumah nenek sunak.

Habib Hadi Zainal Abidin, sangat mengaggumi di era modern ini masih banyak warga pergi haji justru dari kalangan menengah kebawah. Pemerintah Kota akan memfasilitasi keperluan nenek Sunak.
 
Untuk Kloter 9 Kota Probolinggo, bergabung dengan Magetan, Trenggalek, Bangkalan, Pamekasan dan Surabaya, sesuai jadwal sebanyak 155 calon jamaah haji akan berangkat tanggal 8 Juli 2019 mendatang, dengan terlebih dulu kumpul di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. (yos)

Berita Terkait

Dua CJH Asal Indonesia Dilarang Wukuf karena Terpapar Covid-19

20 Calon Jamaah Haji Bojonegoro Mengundurkan Diri

Kemenag Tunggu Petunjuk Teknis Calon Jamaah Haji Lansia

Evaluasi Imigrasi Terhadap Penambahan Personil Untuk Layanan Haji 2019
Berita Terpopuler
Berburu Sinyal Wifi, Para Siswa Ini Belajar di Pos Ronda
Pendidikan  3 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Awal September Subsidi Gaji Dari Pemerintah Cair 1,2 Juta
Jatim Awan

Lupa Mematikan Kompor, 1 Rumah di Bojonegoro Terbakar
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber