Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Bisnis Kopi Indonesia Mulai Mengeliat
Sabtu, 07-02-2015 | 19:47 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Sidoarjo pojokpitu.com, Bisnis kopi di Indonesia kini tengah menjamur. Namun, tidak sedikit yang justru mati karena kalah bersaing. Di Sidoarjo, pengusaha kopi muda justru memilih memulai bisnis kopi jenis speciality coffee untuk ekspor.

Pertumbuhan bisnis kopi di Indonesia kian tahun semakin meningkat. Bisnis kopi dianggap menggiurkan karena kopi bukan lagi soal rasa, namun juga kebutuhan gaya hidup. Raymond Anggajaya, pebisnis muda asal Sidoarjo melirik peluang itu. Berbekal pengalaman 7 tahun menempuh studi di Shanghai Cina, dia mendirikan bisnis kopi yang didapat dari petani kopi lokal dengan tujuan ekspor ke Cina, dan pasar lokal menengah ke atas.

Kopi yang dijual pemuda berusia 28 tahun tersebut dari beberapa daerah di Indonesia. Seperti kopi Bali Kintamani, Java Arabica, Luwak Arabica, Sumatra Mandailing, Toraja, dan  Lampung Robusta. Ekspor utama ke Cina lantaran gaya hidup masyarakat Cina kini mulai beralih. Bukan lagi meminum teh, tetapi kopi. Yang menarik, masyarakat Cina tidak banyak tahu bahwa kopi asli Indonesia adalah kopi terbaik di Asia.

Perusahaan kopi milik Raymond memang baru didirikan tiga tahun lalu. Namun, pemuda yang tidak suka kopi tersebut memiliki cara tersendiri untuk menggaet pasar. Diantaranya dengan pengolahan premium, sehingga menghasilkan biji kopi bercita rasa yang berbeda. Ditambah dengan kemasan yang berkelas, menjadikan kopi miliknya mampu bersaing dengan kompetitor lokal maupun internasional.

Raymond boleh jadi pemain baru di bisnis kopi lokal Indonesia. Namun, dengan strategi marketing jitu, dia dan 11 karyawannya mampu mengantongi omset hingga Rp 500 juta lebih setiap bulannya. Dijual dengan harga mulai dari Rp 39 ribu hingga Rp 300 ribu, kopi berlabel Artcofie nyatanya mampu bersaing memenuhi kebutuhan kopi masyarakat Cina.(pul)



Berita Terkait


Kopi Robusta Malang Diekspor Ke Tiga Negara

Warung Kopi Unik, Pencetak Bibit Atlet e-Sport

Tren Es Kopi, Es Kopian, Dokter di Surabaya Tangkap Peluang Usaha

Kopi Sarangan, Aroma Pisang Terasa Cokelat


Astaghfirullah, Sambil Mabuk Siswi Ini Berjoget di Warung Kopi

Forkopimda se Indonesia Bersama Presiden Tekan Angka Korupsi Ditingkat Daerah

Warung Kopi Unik, Pencetak Bibit Atlet e-Sport

Tren Es Kopi, Es Kopian, Dokter di Surabaya Tangkap Peluang Usaha
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber