Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Bersih Kampung, Kasur dan Tumpeng Hiasi Jalanan Desa Adat Kemiren Banyuwangi
Senin, 05-08-2019 | 18:10 wib
Oleh : Iqbal Mustika, Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Masyarakat Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, punya gawe besar Minggu (4/8) malam kemarin. Sekitar seribu tumpeng disajikan warga di jalanan halaman depan rumah untuk dimakan beramai-ramai.

Tradisi ini dikenal dengan tumpeng sewu yang digelar setiap memasuki bulan dzulhijjah atau yang biasa disebut dengan bulan haji.

Tumpeng sewu ini bertujuan untuk menolak balak yang ada di Desa Kemiren. Selain itu, sebelum dilaksanakan tumpeng sewu, warga kemiren melakukan tradisi mepe kasur.

Usai sholat magrib ritual ini mulai dilangsungkan, di bawah temaram api obor, semua orang duduk dengan tertib bersila di atas tikar maupun karpet yang tergelar di depan rumah maupun di pinggir jalan.

Dihadapan warga tersedia tumpeng yang ditutup daun pisang dengan dilengkapi lauk khas warga kemiren, yaitu pecel pitik dan sayur lalapan sebagai pelengkapnya.

Ketua adat kemiren Suhaimi mengatakan, bahwa tumpeng sewu ini sudah berlangsung sejak jaman nenek moyang. "Adapun tujuanya di gelar tumpeng sewu ini untuk menok balak agar desa tetap aman dan tentram," ujar Suhaimik.

Tumpeng sewu merupakan tradisi adat warga Desa Kemiren. Namun, sebelum makan tumpeng sewu, warga berdoa agar desanya dijauhkan dari segala bencana dan sumber penyakit.

Sebelum dilaksanakan selametan adat tumpeng sewu , puluhan warga kemiren sejak pagi sudah disibukkan dengan mengeluarkan tempat tidur atau yang dikenal dengan kasur. Puluhan kasur pun menghiasi disepanjang jalan kemiren. (yos)

Berita Terkait


Tradisi Ojung Ritual Minta Hujan

Bersih Kampung, Kasur dan Tumpeng Hiasi Jalanan Desa Adat Kemiren Banyuwangi

Rebutan Tumpeng Dumbek Warnai Ritual Sedekah Bumi

Kebo-Keboan Boyolangu Banyuwangi Dibanjiriri Penonton


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber