Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Antisipasi Cuaca Panas Musim Kemarau Dengan Inovasi Hujan Buatan
Jum'at, 09-08-2019 | 01:02 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Memasuki musim kemarau tidak menjadi halangan bagi warga kampung Tambak Segaran, Surabaya, untuk merasakan sensasi kesegaran air hujan. Dalam inovasi hujan buatan ini, warga menyulap air selokan, menjadi sumber air hujan buatan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi cuaca panas di musim kemarau.

Meski sudah memasuki musim kemarau, warga kampung tetap bisa merasakan sensasi asyiknya hujan-hujanan lewat inovasi kreatif hujan buatan. Air hujan buatan di kampung tambak segaran ini, bersumber dari air limbah rumah tangga atau air selokan yang telah melalui proses penyaringan ipal, air tersebut ditampung kemudian disaring dengan kapas, ijuk, batu zeolit, arang batok,  dan pasir silika untuk kemudian di salurkan ke pipa dengan menggunakan pompa.

Menurut Dicky Rosadi Wijaya Kader Penggerak Lingkungan, air selokan yang sudah disaring tersebut, keluar dari selang air yang memanjang di atas rumah warga sepanjang 108 meter. Kran air tersebut bisa dinyalakan warga sehingga turunlah hujan lokal di satu kampung. Inovasi hujan buatan ini sempat terinspirasi dari salah satu wahana wisata. "Dengan dana hasil swadaya warga dan dana hadiah lomba, wargapun mewujudkan inovasi hujan buatan tersebut," kata Dicky Rosadi.

Sementara itu Tjuk Sumardi ketua RT 03,  Kampung Tambak Segaran, keberadaan hujan buatan sangat bermanfaat bagi warga. Khususnya saat memasuki musim kemarau. Air dari hujan buatan, selain mengurangi suhu panas di musim kemarau, juga berguna untuk menyiram tanaman di sepanjang kampung tambak segaran. (pul)

Berita Terkait


Antisipasi Cuaca Panas Musim Kemarau Dengan Inovasi Hujan Buatan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber