Berita Terbaru :
BMKG Instal Alat WRS Untuk Pemantauan Gempa Bumi atau Tsunami
Tradisi Nyadar, Ritual Penghormatan Petani Garam Digelar di Tengah Pandemi Covid-19
   

Nikmatnya Kopi Saring Mbok Tajeng Dawar Blandong
Icip - Icip  Rabu, 14-08-2019 | 11:15 wib
Reporter : Aminuddin Ilham
Warung Saring Mbok Tajeng memiliki khas tersendiri. Pengunjung dapat langsung melihat proses memasak kopi mentah hingga siap saji sambil menikmati dan menyeduh rasa kopinya. Foto Aminuddin Ilham
Berita Video : Nikmatnya Kopi Saring Mbok Tajeng Dawar Blandong
Mojokerto pojokpitu.com, Di tengah menjamurnya warkop atau warung kopi dengan berbagai fasilitas mewahnya, ternyata warung kopi saring Mbok Tajeng di pelosok Pedesaan Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, bisa bertahan selama 47 tahun.

Hampir setiap hari warung kopi saring Mbok Tajeng ramai didatangi pengunjung. Sebagian penasaran dengan cita rasa kopi mbok tajeng yang memiliki khas tersendiri. Bisa datang dan melihat langsung proses pembuatan kopi mentah hingga siap disajikan. Biji kopi yang diolah secara tradisional menggunakan kayu bakar dalam penggorengan dari tanah liat,menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kopi saring.

Sebelum disajikan biji kopi di goreng selama satu jam hingga matang. Setelah matang, biji kopi diangkat dan ditumbuk menggunakan alu hingga halus. Selanjutnya kopi diracik seperti biasanya. Namun untuk menyajikan pengunjung disertakan saringan. Saringan ini digunakan untuk menyaring kopi saat diseduh.

Nuril salah satu pelanggan kopi saring, mengatakan, rasa kopi saring mbok tajeng luar biasa dan tidak ada di tempat lainya,untuk menikmatinya harus disaring terlebih dahulu biar bersih dan dapat langsung diminum.

Saat ini usaha warung kopi saring khas dawarblandong ini diteruskan oleh rudi, keturunan kedua Mbok Tajeng. Menurut Rudi, untuk melayani banyaknya pengunjung baik siang dan malam, warung kopi ini menghabiskan lima kilogram kopi dan sepuluh kilogram gula pasir.

Untuk harga sangat terjangkau untuk kalangan bawah, cangkir kecil dijual dengan harga dua ribu rupiah sedangkan cangkir besar tiga ribu rupiah. Dalam sebulan rata-rata penghasilan bersih mencapai enam sampai delapan juta rupiah. (pul/vd:yan)

Berita Terkait

Efek Samping Minum Kopi tanpa Kafein untuk Kesehatan

Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong, ini 5 Dampaknya

Bank Bukopin Gresik Serahkan Sembako Untuk Korban Terdampak Corona

Keren, Mesin Kopi Ini Berkonsep Mesin Formula F1
Berita Terpopuler
Tradisi Nyadar, Ritual Penghormatan Petani Garam Digelar di Tengah Pandemi Covi...selanjutnya
Life Style  2 jam



Cuplikan Berita
Dua Kadis Terpapar Covid-19, Kantor Terpaksa Dilockdown
Pojok Pitu

Pemkot Surabaya Tepis Isu Pemecatan Kadis DKRTH Surabaya
Pojok Pitu

Diserang Tikus, Petani Ponorogo Resah
Jatim Awan

Rumah Pegawai Lapas Mojokerto Jadi Sasaran Pelemparan Bom Molotov
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber