Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Habiskan Rp 240 Miliar, Sapras Pelabuhan Sampang Masih Belum Lengkap
Kamis, 15-08-2019 | 03:15 wib
Oleh : Ali Muhdor
Sampang pojokpitu.com, Pelabuhan Taddan Kabupaten Sampang yang di bangun selama 1 dekade atau selama 10 tahun ini akan diresmikan oleh Mentri Perhubungan dan siap beroperasi.

Pelabuhan Taddan berada di Desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, dibangun sejak 2009. Dapat menampung semua jenis kapal, sehingga secara reguler bisa digunakan oleh kapal roro maupun kapal kargo. Namun peresmian pelabuhan ini masih menunggu jadwal dari Mentri Perhubungan.

Meski siap menampung semua jenis kapal, ternyata masih banyak sarana dan prasana yang belum lengkap. Seperti fresh water, tenaga kerja bongkar muat,  (TKBM) gudang dan akses jalan.

Edi Kuswanto Kepala UPP Berenta mengatakan, dari sisi teknis sudah sangat siap dioperasikan. Dermaga berbentuk L dengan panjang 100 x 10 meter. Sudah terdapat lapangan penumpukan dan fasum penerangan sehingga malam pun bisa beroperasi. "Cuma ada beberapa yang masih kurang, seperti sarana, fresh water, TKBM, gudang, dan akses jalan yang perlu lebih bagus," kata Edi Kuswanto.

Pelabuhan yang dibangun sejak 2009 itu menelan dana ratusan miliar dari pemerintah pusat. Rinciannya kucuran dana sejak tahun 2012 secara bertahap, pertama pembangunan pelabuhan dengan biaya sebesar Rp 10 miliar. Kedua kucuran dana mencapai Rp 32,5 miliar, tahap ketiga pembangunan pelabuhan mendapat kucuran dana sebesar Rp 33 miliar, dan tahap keempat kucuran sebesar Rp 40 miliar.

Sedangkan, di tahun 2013 kembali mendapat kucuran sebesar Rp 5,4 miliar. Serta, di tahun 2014 sebesar Rp 40 miliar, dan tahun 2015 mencapai Rp 30 miliar, dilanjutkan di tahun 2016 Rp 19 miliar, dan terakhir di tahun 2017 sebesar Rp 19 miliar. Semua total menghabiskan APBN Rp 240 Miliar. (pul)

Berita Terkait


Habiskan Rp 240 Miliar, Sapras Pelabuhan Sampang Masih Belum Lengkap


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber