Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Lomba Hias Pasar, Manfaatkan Momen Agustusan Untuk Menormalkan Harga Cabai
Minggu, 25-08-2019 | 18:34 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Masih dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke 74 , Minggu pagi, pedagang Pasar Semolowaru Surabaya menggelar lomba menghiasi stand dagang mereka dan pasar murah. Pada momen ini, pedagang menjual bahan pokok lebih murah dari biasanya, sekaligus sebagai upaya untuk mengembalikan harga sejumlah bahan pokok ke harga normal.

Semarak peringatan HUT RI ke 74 masih tampak di Pasar Semolowaru Surabaya, Minggu pagi, meski sudah di penghujung bulan Agustus. Para pedagang masih semangat mengikuti lomba menghiasi stand dagang mereka, mulai menghias dengan umbul - umbul, bendera merah putih, lampu warna warni, hingga bola lampu disko sehingga tampak indah dan berwarna.

Tak hanya itu, para pepdagang ini juga menggelar pasar murah. Terlihat sejumlah cabe rawit yang semula seharga Rp 80 ribu per kilogram, kini turun menjadi Rp 75 ribu , sedangkan harga daging ayam yang semula Rp 34 ribu, kini turun menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

"Dengan adanya lomba ini harga cabai turun dari Rp 80 ribu kini menjadi Rp 75 ribu dan penurunan harga ini hanya hari ini," tutur Rosida, pedagang cabe rawit.

"Harga daging ayam turun saat ada lomba ini dari harga Rp 34 ribu kini menjadi Rp 30 ribu per kilogram," tambah Yayuk, pedagang daging ayam.

Sementara itu, Mufti, Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Rakyat mengatakan, selain lomba memeriahkan Kemerdekaan RI ke 74, para pedagang diharapkan, bisa menggugah geliat masyarakat untuk kembali ke pasar tradisional dengan harga yang murah, dan bisa bersaing dengan pasar modern.

"Kami dari Aspiri (Asosiasi Pedagang Pasar Rakyat Indonesia) menyambut baik langkah-langkah yang dilakukan oleh pedagang Pasar Semolowaru karena pasar ini akan menjadi percontohan nasional terkait pasar tradisional yang perkembangannya sangat pesat dan bisa bersaing dengan pasar modern, dengan harga yang murah karena langsung mengambil dari produsen," katanya.

Dengan adanya lomba menghias stand dan pasar murah ini, bertujuan pasar tradisional tidak lagi kelihatan kumuh dan jorok, sehingga bisa bersaing dengan pasar modern. Namun yang terpenting adalah kebersamaan dan gotong royong serta semangat nasionalisme para pedagang pasar tradisional tetap terjaga degan baik.(end)




Berita Terkait


Lomba Hias Pasar, Manfaatkan Momen Agustusan Untuk Menormalkan Harga Cabai

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber