Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Muharrom, Berkah Bagi Penjamas Keris
Minggu, 01-09-2019 | 23:30 wib
Oleh : M.Ramzi
Berita Video : Muharrom, Berkah Bagi Penjamas Keris
Magetan pojokpitu.com, Bulan Muharrom yang juga familiar dengan sebutan bulan suro, menjadi bulan dianggap sakral bagi sebagian masyarakat Jawa. Di bulan pergantian tahun baru Islam tersebut, banyak orang yang menjamas keris atau tombak, ini menjadi berkah bagi para penyedia jasa jamas keris.

Selain disambut dengan suka cita oleh para umat muslim, bulan muharrom atau  bulan suro, juga memberi berkah bagi para penjamas keris di Kabupaten Magetan. Karena para pemilik pusaka, seperti keris dan tombak, biasanya menjamas atau membersihkannya pada bulan suro.

Seperti  dirasakan oleh Mbah Sumargono, penjamas pusaka, asal  warga Jalan  Kalimantan Kelurahan Kepolorejo Kota Magetan ini.  Bapak empat anak ini menekuni profesi penjamas keris dan tombak  selama 37 tahun.

Profesi ini berawal saat ia  berada di perantauan  yang  hoby melihat keris dan sejenisnya di  musium penyimpanan  benda purbakala. Berawal dari situlah mbah sumargono, menekuni profesinya, menjamas keris, hingga saat ini.

Bulan Suro menjadi bulan berkah baginya, karena rata-rata pemilik pusaka menjamas kerisnya di awal bulan tahun hijriyah yang dianggap sakral. "Dalam satu kerisnya biasanya saya patok mulai tarif Rp 50 ribu rupiah hingga Rp 100 ribu," ujar Sumargono.

Tidak hanya menjamas keris milik pelangganya, namun  Mbah Sumargono juga memiliki puluhan  buah keris dan benda pusaka lainya.

Koleksi yang ia miliki mulai dari keris kidang mas, carangsoko, pendowo tilam upe, tilam sari, jalak ngurai, tombak ki maget1, yang pernah digunakan semasa jaman  kerajaan masa lampau. (yos/vd:yan)

Berita Terkait


Kesakralan Bulan Suro, Puluhan Warga Ikut Ruwat Sukerta

Peringati 1 Muharam, Warga Ponorogo Berebut Tumpeng Sedekah Bumi

Sambut Bulan Suro, Warga Berebut Dawet Tolak Balak

Muharrom, Berkah Bagi Penjamas Keris


Tradisi Jamas Merawat Pusaka pada 1 Suro

Peringatan 1 Suro, Kirab Pusaka Kerajaan Tombak Kiai Bimo

Menyambut 1 Suro Gelar Ritual Mandi Malam

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber