Berita Terbaru :
Komunitas Pecinta Kopi Bagikan 1000 Gelas Kopi Gratis
   

Kampung Kuliner Selama Ramadhan Diserbu Pembeli
Icip - Icip  Jum'at, 19-06-2015 | 16:53 wib
Reporter : Mujianto Primadi
pojokpitu.com, Kampung wisata religi di kawasan Sidoarjo diserbu masyarakat muslim untuk berbelanja makanan khas ramadhan. Berbagai pernak pernik kuliner ramadhan ini di jajakan para pedagang yang hampir berdiri sejak 10 tahun silam

Konon gang Kauman ini dulunya adalah tempat lokasi pertama berdirinya masyarakat Sidoarjo mengembangkan berjualan pada waktu puasa tiba. Seiringnya waktu warga setempat meneruskan tradisi tersebut dengan menjual berbagai makanan buka puasa.

Saat ini pedagang musiman puasa ramadhan dikawasan religi ini berjumlah kurang lebih puluhan orang dengan menjajakan olahan makanan.olahan makanan diantaranya mulai dari makan siap saji hingga minuman khas kauman yaitu kolak buah Srikaya.

Disini makanan, minuman bisa ditemui dengan harga sangat murah dan bervariasi mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 6.000. Tak heran banyak masyarakat muslim yang tak sempat memasak menyerbu kawasan religi ini.

Rafi pedagang musiman khas ramadhan menyatakan,bahwa wilayah ini adalah pasar ramadhan pertama kali berdiri di Sidoarjo. Dirinya juga menjajakan kolak khas kauman Sidoarjo dan ayam bakar khas kampung tersebut dengan omset mencapai hingga Rp 1 juta perhari.

Seiringnya waktu makanan kolak buah  Srikaya khas kauman ini berkembang hinga turun temurun sehingga banyak pembeli yang memborong untuk berbuka puasa. Selain itu, kolak buah Srikaya mempunyai rasa tersendiri yang di dalamnya terdapat buah pisang, srikaya,susu, kolang kaling dan santan kelapa.

"Kawasan religi ini akan terus di serbu pembeli selama bulan puasa berlansung hingga menjelang idul fitri mendatang," kata Rafi. (pul)



Berita Terkait

Pemkot Surabaya Sulap Lahan 7 Hektar BTKD Jeruk Jadi Agrowisata

Kampung Wisata Lingkungan, Manfaatkan Kelor Sebagai Kuliner Pendongkrak Imun

Smart Green House Polije Destinasi Baru Wisata Edukasi

Wisata Hutan Akan Kembali Dibuka, Tetap Penerapan Protokol Kesehatan
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Ratusan Massa Hadang Penjemputan Pasien Covid 19
Pojok Pitu

Belasan Kartu Keluarga Dijadikan Bungkus Tempe
Pojok Pitu

Langgar Protokol Kesehatan Pertunjukan Seni Musik Tradisional Dibubarkan Satgas ...selanjutnya
Jatim Awan

Angka Gugat Cerai di Sidoarjo Didominasi oleh Pihak Istri
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber