Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Sebanyak 3.500 porsi dawet yang disediakan panitia pada belasan meja. Pembagian langsung ludes.
Sambut Bulan Suro, Warga Berebut Dawet Tolak Balak
Senin, 02-09-2019 | 11:08 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Berita Video : Sambut Bulan Suro, Warga Berebut Dawet Tolak Balak
Jombang pojokpitu.com, Ada tradisi unik yang dilakukan ribuan warga di Jombang saat menyambut datangnya tahun baru hijiriyah atau bulon suro. Tradisi ini disebut banjir dawet, yakni warga berebut dawet yang dibagikan gratis dengan tujuan selamatan tolak balak.

warga Desa Banjardowo Kecamatan Jombang Kota mengantre di depan meja sepanjang 100 meter lokasi tempat pembagian dawet. Sesaat ada  komando pembagian dawet yang dipusatkan di sekitar balai desa dimulai, warga langsung menyerbu meja-meja tempat panci dawet.

Meski gelas untuk minum  dawet telah disediakan panitia, namun sejumlah warga membawa bermacam-macam tempat dari rumah  untuk mempermudah berebut dawet gratis. Seratus lebih ibu-ibu anggota PKK desa melayani warga inI.

Menurut Muhamad Irwanto Kades Banjardowo, tradisi ini panitia menyediakan sekitar 3.500 porsi. Namun sekitar 4 ribu massa memenuhi halaman balai desa seluruhnya kebagian dawet.  Warga minum bersama minuman tradisional.

Pesta dawet yang disebut banjir dawet ini digelar warga desa  secara rutin setiap  masuk bulan suro. Selain untuk menyambut tahun baru 1341 hijriyah, juga sebagai rasa syukur atas panen yang melimpah. "Warga berharap melalui tradisi  sedekah ini bisa dijadikan tolak balak," kata Muhamad Irwanto.

Dalam sejarahnya pada zaman dulu, banjir dawet dilakukan dengan cara yang tidak bermanfaat.  Setelah doa dibacakan, warga saling melempar dawet. Sehingga di lokasi upacara benar-benar banjir dawet. Namun kini telah dirubah, sebab warga tidak ingin minuman segar ini terbuang percuma. (pul/vd:yan)

Berita Terkait


Kesakralan Bulan Suro, Puluhan Warga Ikut Ruwat Sukerta

Peringati 1 Muharam, Warga Ponorogo Berebut Tumpeng Sedekah Bumi

Sambut Bulan Suro, Warga Berebut Dawet Tolak Balak

Muharrom, Berkah Bagi Penjamas Keris


Tradisi Jamas Merawat Pusaka pada 1 Suro

Peringatan 1 Suro, Kirab Pusaka Kerajaan Tombak Kiai Bimo

Menyambut 1 Suro Gelar Ritual Mandi Malam

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber