Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kekeringan Meluas 20 Desa, Bantuan Air Bersih Diserbu Warga
Senin, 02-09-2019 | 13:27 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Bencana kekeringan yang melanda kabupaten tuban, terus meluas. Hingga kini krisis air bersih terpantau sudah dialami 20 desa di 8 kecamatan. Keringnya sumur dan saluran pam membuat ribuan warga bergantung pada bantuan air bersih dari pemerintah.

Sejak 4 bulan terakhir, warga di Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, mengalami krisis air bersih. Sumur dan saluran perusahaan air minum, yang terhubung ke rumah-rumah tidak lagi mengeluarkan air. Hanya beberapa sumur warga saja yang menyisakan air, itupun airnya sangat kecil.

Suwarni, warga, mengatakan, bantuan air bersih dari pemerintah kabupaten sangat diharapkan. truk tangki air dari BPBD Tuban yang datang langsung diserbu warga. Berbekal jurigen kosong, ember, serta drum, mereka rela mengantri demi mendapat jatah air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bantuan air bersih ini dipergunakan warga untuk memenuhi kebutuhan minum, memasak dan mandi. Jika tak ada bantuan, warga terpaksa harus membeli air dari luar. Tidak murah biaya yang harus dikeluarkan warga setiap-hari.

Sementara itu bencana kekeringan yang melanda Kabupaten Tuban, terus meluas. Hingga kini krisis air bersih dialami dua puluh desa di 8 kecamatan. Jumlah ini bertambah empat desa dibanding agustus lalu, yang hanya 16 desa.

Gaguk Hariyanto, Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Tuban, menjelaskan, empat tambahan ini antara lain Desa Gesikharjo Kecamatan Grabakan, Desa Kumpulrejo Kecamatan Parengan, Desa Bader dan Desa Jombok Kecamatan Jatirogo. "Untuk meringankan beban warga, BPBD Tuban memaksimalkan armada truk tangki yang dimiliki utnuk mendistribusikan air bersih," ujar Gaguk Hariyanto.

Bencana kekeringan diprediksi masih akan terus terjadi hingga November mendatang dan berakhir bersamaan dengan datangnya musim penghujan. (yos)

Berita Terkait


Petani Memecah Batu di Sawah yang Masih Kering

Meski Turun Hujan Masih Ada 23 Titik Kekeringan di Jember

Air PDAM Tak Mengalir, Warga Kirisis Air Bersih

Terdampak Krisis Air, Puluhan Siswa SMA Menumpang Mandi di Sekolah


Kekeringan Berkepanjangan, Ribuan Santri Gelar Sholat Minta Hujan

220 Hektar Lahan Padi Petani Gagal Panen Karena Kekeringan

Kekeringan, Yonarmed 12 Kirim Air Bersih

Bencana Tahunan Melanda Jatim, Yakni Kekeringan dan Kebakaran Hutan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber