Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Seni Melestarikan Budaya Alat Musik Tradisional Terompet Tetet
Jum'at, 06-09-2019 | 04:20 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Tahukah anda mendengar suara alat musik tradidional tereompet tetet dari Kabupaten Situbondo. Saat ini, alat musik tradisional tersebut sudah mulai nyaris menghilang dari peredaran.

Beberapa pengrajin alat musik tetet sudah tak berproduksi karena tak ada pesanan. Namun, ditangan seorang seniman di Kecamatan Jati Banteng, alat musik tetet terus diproduksi.

Salah satu seniman yang masih melestarikan alat musik tetet adalah Sariyanto. Pria berusia 47 tahun warga Desa Wringinanom Kecamatan Jatibanteng, sangat beruntung masih bisa melestarikan budaya leluhur dan untuk menghibur masyarakat.

Untuk bisa membuat satu alat musik tetet yang nyaris sama dengan seruling ataupun terompet ini, Yanto membutuhkan bahan baku utama berupa kayu. Selanjutnya, kayu dibentuk sedemikian rupa menggunakan gerjagi dan mesin bor.

Mesin bor diperuntukkan membuat lubang lubang berfungsi untak irama atau nada sebuah lagu. Tempat tiupan tetet juga terbuat dari kayu dan memiliki lubang kecil serta melebar.

Menurut Sariyanto, dirinya tetap membuat alat musik tetet karena ingin melestarikan budaya leluhur. Bahkan dirinya, kini sering mengajari anak-anak bermain alat musik tetet, yang bertujuan mencintai kebudayaan tradisional di tengah gemburan alat musik modern.

"Saya belajar secara atodidak dari kaset lagu, hingga kini beberapa lagu kesenian berhasil dikuasai dan sering dilantuntan untuk menghibur masyarakat sekitar," kata Sariyanto.

Alat musik tetet memang tidak hanya ada di Situbondo melainkan ada dibeberapa daerah lain seperti Saronin Madura.

Meski tidak untuk diperjual belikan, Sariyanto biasanya butuh waktu dua hari untuk membuat satu buah alat musik tetet. (yos)

Berita Terkait


Seni Melestarikan Budaya Alat Musik Tradisional Terompet Tetet

Begini Berkah Tahun Baru Bagi Penjual Terompet

Pedagang Terompet Keluhkan Anjloknya Omset

Isu Virus Berdampak Pesanan Terompet Menurun


Gubernur Jatim Rayakan Tahun Baruan Tanpa Terompet

Pedagang Terompet Tahun Baru Kebanjiran Pesanan di Tahun Baru

Jelang Nataru Penjual Terompet Mulai Bermunculan

Pedagang Terompet Panen Rejeki

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber