Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Sapi Berbobot Diatas 1 Ton, Ramaikan Kotes Ternak Antar Kecamatan
Jum'at, 06-09-2019 | 06:15 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Ratusan sapi raksasa berbobot lebih dari 1 ton hasil inseminasi buatan, ikut dalam ajang kontes ternak di Kecamatan Tamanan Bondowoso. Selain berat dan postur ideal sapi, kesehatan serta kebersihan menjadi bagian penilaian.

Kabupaten Bondowoso menggelar kontes ternak tahun 2019 kontes dilakukan untuk mengapresiasi para peternak di setiap kecamatan. Kontes dihadiri 113 sapi berbagai jenis dari 23 kecamatan yang ada, satu persatu sapi ditimbang dan diperiksa kondisi kesehatannya.

Jenis sapi yang ikut diantaranya sapi limosin, brahman, serta simental hasil inseminasi buatan. Kategori yang diperlombakan yakni pedet jantan dan betina, induk ib, sapi jantan calon kerman, dan kerman jumbo.

Kriteria penilaian meliputi, eksterior dan interior. Yakni bobot terberat, kesehatan serta kebersihan badan sapi. Sapi yang sudah dinilai kemudian berkeliling lapangan layaknya model dengan sejumlah hiasan di punggung dan kepala sapi.

KH Salwa Arifin, Bupati Bondowoso, menerangkan, gelaran kontes ternak 2019 adalah bentuk apresiasi kepada peternak uatamanya yang menggunakan inseminasi buatan, serta untuk menggugah minat masyarakat dengan memotivasi menjadi peternak berkualitas. "Sehingga peningkatan ekonomi dan sumber daya manusia semakin berkembang," kata Salwa Arifin.

Selain kontes, ajang ini juga tempat silaturahmi para peternak sapi Bondowoso. Nantinya para pemenang kontes tingkat kabupaten tersebut akan dipastikan ikut dalam lomba tigkat propinsi. (yos) 

Berita Terkait


Sapi Berbobot Diatas 1 Ton, Ramaikan Kotes Ternak Antar Kecamatan

Populasi Ternak Sapi Situbondo Masih Terbesar di Jawa Timur

Dinas Peternakan Malang Gelar Kontes Sapi

Kontes Sapi Jumbo Dengan Pakan Ampas dan Daun Hijau


Kontes Sapi Sambut Hari Raya Idul Qurban

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Gelar Kontes Sapi Ternak Jumbo

Kontes Sapi Unggulan Dimenangkan Bobot 1,1 Ton

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber