Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Prosesi Jamasan Keris Keraton Sumenep
Senin, 09-09-2019 | 15:42 wib
Oleh : Wildan Lipu Prasasti
Sumenep pojokpitu.com, Sejumah keris peninggalan para raja-raja di Keraton Sumenep, serta peninggalan para empu, dijamas oleh para empu keris Desa Aeng Tong-Tong, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Jamasan tersebut secara khusus menggunakan 7 sumber air keramat, diantaranya, sumber air dari Taman Sare yang ada di lingkungan Keraton Sumenep.

Sembilan keris milik para raja Keraton Sumenep, serta peninggalan para empu keris di Sumenep, dijamas oleh 4 empu keris. Jamasan keris dimulai dengan pemukulan 9 kali tabuhan gong oleh pengawal kerajaan di dalam Makam Agung. Bunyi gong menandakan jamasan akan dimulai.

Air jamasan keris tersebut diambil dari dari 7 sumber air keramat. Di antaranya, diambil dari Taman Sare, yang ada di lingkungan keraton Sumenep. Satu persatu, air keramat dalam kendi dituangkan ke dalam nampan yang berisi kembang setaman.

Keempat empu yang bertugas melakukan penjamasan, menerima satu persatu keris yang dibawa oleh pengawal untuk dilangsungkan prosesi penjamasan. Lalu diakhiri dengan doa bersama untuk menghormati jasa para leluhur.

Wakil bupati Sumenep, Achmad Fauzi, mengatakan, kedepan, jamasan keris ini akan dijadikan sebagai bagian dari destinasi wisata budaya Kabupaten Sumenep. Tujuannya, untuk mendekatkan budaya terdahulu pada generasi muda.

Jamasan keris ini dihadiri oleh Forpimpda Kabupaten Sumenep, serta seluruh tosan aji dan empu keris seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut berjalan lancar, meskipun dalam momentum penting dan sakral tersebut tidak dihadiri langsung oleh Bupati Sumenep, yang sekaligus merupakan Raja Keraton Sumenep. Ketidakhadiran tersebut disinyalir karena undangan ke luar kota. (yos)

Berita Terkait


Prosesi Jamasan Keris Keraton Sumenep

Warga Nganjuk Gelar Jamasan Pusaka di Bulan Suro

Ritual Jamasan Gong Pradah Ricuh , Warga Pembawa Gong Saling Dorong

Berebut Tumpeng, Warga Saling Dorong dalam Ritual Jamasan Gong Kyai Pradah


Jamasan Empat Pusaka Kabupaten Ngawi

Ritual Jamasan Gong Pradah Ricuh , Warga Pembawa Gong Saling Dorong

Warga Desa Gelar Tradisi Jamasan Pusaka di Bulan Suro

Ritual Jamasan Pusaka Tombak Kanjeng Kyai Upas Tulungagung

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber