Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Nasi Jagung Instan itu dipasarkan sampai Manado, Kalimantan, Medan, Serta berbagai kota di Pulau Jawa. Foto Khusni Mubarok
Nasi Jagung Instan Rendah Gula Menembus Pasar Nasional
Rabu, 11-09-2019 | 22:25 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Banyak yang menganggap nasi jagung hanya makanan pedesaan yang murah. Namun, berkat sentuhan kreatif pria asal Kabupaten Tuban, nasi jagung menjadi produk bernilai jual dan mampu tahan lama.

Keluarga Setyo Pamuji (29) di Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban ini setiap hari menumbuk jagung hasil panen ladang sendiri. Lalu dimasak sebagai pengganti nasi.

Bedanya, nasi jagung yang diproduksi tidak seluruhnya dikonsumsi pribadi. Selain mampu bertahan selama 1 tahun, nasi jagung instan dapat dijual sehingga memberi tambahan penghasilan.

Produk nasi jagung instan ini telah dipasarkan ke sejumlah daerah. Diantaranta manado, Kalimantan, Medan, serta berbagai kota di Pulau Jawa. Satu kantong berisi 500 gram nasi jagung instan, dijual seharga Rp 15 ribu.

Ide ini bermula dari melimpahnya hasil panen. Namun ironis, keberadaan jagung yang melimpah  kerap membuat harganya terjun bebas. Sehingga dirasa perlu membuat inovasi agar jagung memiliki nilai jual lebih bagus.

Kuliner tradisional ini cocok dikonsumsi penderita diabetes, karena rendah kandungan gula. Untuk menyantap nasi jagung instan, konsumen hanya perlu memanaskannya dulu.

"Selain menyehatkan, nasi jagung juga memiliki rasa enak, gurih dan nikmat. Teksturnya yang kasar cocok disantap dengan sayur lodeh atau masakan berkuah." kata Buat, penikmat nasi jagung

Nasi Jagung Instan hanya mampu diproduksi sebanyak 20kg/hari, karena minimnya tenaga dan alat. Padahal, makanan ini telah mendapat pesanan dari luar negeri. Namun, proses pengiriman masih menunggu ijin dikeluarkan Dinas terkait. (pul)





Berita Terkait


Nasi Jagung Instan Rendah Gula Menembus Pasar Nasional

Rica-Rica Mentok Nasi Jagung Khas Wonosalam

Nikmatnya Urap Daun Pakis dan Nasi Jagung di Warung Desa Ini

Festival Nasi Jagung Makanan Khas Kerajaan Mojopahit


Festival Nasi Jagung Makanan Khas Kerajaan Mojopahit

Puluhan Hektar Tanaman Padi Gagal Panen, Warga Terpaksa Makan Nasi Jagung

Harga Beras Melonjak, Warga Pesisir Blitar Beralih Ke Nasi Jagung

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber