Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Selamatan Desa Cikal Bakal Kota Probolinggo, Warga Buat Tumpeng Hasil Bumi
Sabtu, 21-09-2019 | 17:45 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Warga di Kota Probolinggo, Jawa Timur, menggelar selamatan desa dengan mengarak tumpeng hasil bumi. Konon, Desa Bremi yang sekarang menjadi Kelurahan Sukabumi Dusun Bremi merupakan tempat cikal bakal lahirnya Kota Probolinggo, sekaligus desa peninggalan Kerajaan Majapahit.

Warga Kampung Bremi, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo menggelar selamatan desa dengan mengarak tumpeng hasil bumi.
 
Tempeng ini berupa buah-buahan, serta sayur-sayuran. Selanjutnya, tumpeng raksasa ini diarak keliling kampung, dari gang satu ke gang yang lain.
 
Ikut dalam arak-arakkan ini berbagai kesenian dari sejumlah ibu-ibu, hingga siswa sekolah dengan mengenakan kostum kebaya.
 
Konon Desa Bremi yang sekarang nama dusun di Kelurahan Sukabumi ini merupakan nama desa cikal bakal lahirnya Kota Probolinggo.
 
Tidak hanya Dusun Bremi, ada dua dusun lain yang menjadi cikal bakal lahirnya Kota Bayuangga ini, yakni Dusun Banger dan Dusun Borang. Ketiga dusun ini juga peninggalan Kerajaan Majapahit. Maka tidak heran, jika Kota Probolinggo usianya sudah 660 tahun.
 
Menurut Nuris Harifah, warga Dusun Bremi, dia sangat senang menjadi warga dusun penuh sejarah ini, kemungkinan besar leluhurnya merupakan keturunan kerajaan majapahit.
 
"Dusun ini merupakan dusun penuh sejarah, sekaligus peninggalan nenek moyang. Sudah seharus sebagai generasi penerus, harus tetap lestari dan menjadi destinasi wisata," kata Mohamad Sholeh, Ketua Kelompok Masyarakat Sadar Wisata Kampung Bremi
 
Diharapkan ke depan, agenda semacam ini semakin meriah dan semakin banyak dikunjungi wisatawan atau bahkan peneliti sejarah.(end)
 

 


Berita Terkait


Selamatan Desa Cikal Bakal Kota Probolinggo, Warga Buat Tumpeng Hasil Bumi

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber